Beri Pemahaman Kepada Masyarakat, Imnas Bengkulu Gelar Sosialisasi

Bengkulu, Investigasi.News – Turut memeriahkan HUT RI ke 77 tahun, Ikatan Media Nasional (Imnas) Bengkulu gelar sosialisasi atau penyuluhan terkait hoax kepada masyarakat. Minggu (14/8/2022)

Iskandar Herli, SH, selaku koordinator1 Imnas Bengkulu mengatakan, pemberitaan bohong atau palsu (hoax) menjadi fokus perhatian banyak kalangan. Banjirnya informasi tentu sangat menyulitkan khalayak untuk bisa menentukan, mana informasi yang benar dengan yang bohong atau palsu.

Menurut Iskandar, menghadapi generasi digital native yang terbangun dengan teknologi digital ditangannya, tentu dibutuhkan strategi-strategi baru dan khusus.

Namun, tidak kalah penting diperlukan pertukaran informasi terkait hoax, sehingga dapat terbangun komunitas yang memiliki ketahanan terhadap hoax.

“Salah satu metode yang coba dilakukan sebagai respon dari temuan dalam penelitian yang telah banyak terjadi pada fenomena hoax di indonesia ini adalah dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, berupa diskusi dan sosialisasi pengetahuan secara langsung, sehingga masyarakat mudah untuk memahaminya,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan contoh-contoh hoax, resiko hoax dan antisipasi atas ketersebaran hoax tersebut.

Dalam hal ini, Imnas Bengkulu juga berkomitmen akan terus melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut hingga sampai kepelosok-pelosok kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu. (R)