Call Center 112 Kota Bengkulu Resmi Dilaunching

Bengkulu, Investigasi.News – Perjuangan panjang Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu Eko Agusrianto dan jajaran membuahkan hasil. Kerja keras tanpa lelah untuk menghadirkan layanan panggilan darurat call center 112 dilingkungan Pemkot Bengkulu akhirnya benar-benar terwujud. Bahkan diketahui bahwa call center 112 Pemkot ini merupakan yang pertama di Provinsi Bengkulu.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi didampingi Sekda Arif Gunadi dan Kadis Kominfo Kota Bengkulu Eko Agusrianto, bersama perwakilan Kominfo RI, PT Digital Sandi Informasi (DSI), Kepala Basarnas Provinsi Bengkulu, Kepala Kejari Bengkulu, Wakapolres Bengkulu, Perwakilan Kodim 0407/kota Bengkulu, Perwakilan Lanal Bengkulu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten dan Provinsi Bengkulu melakukan pemukulan dol sebagai tanda call center 112 resmi dilaunching. Rabu (18/5/2022)

Dalam kesempatan ini, Sub Koordinator dan Pembangunan Infrastruktur Keperluan Khusus Pitalebar, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo RI Agung Sutio Utomo menyampaikan tujuan utama call center 112 ialah memudahkan masyarakat menghafal satu nomor darurat, sehingga masyarakat mudah melapor apabila dalam keadaan darurat.

“Call Center 112 merupakan layanan panggilan darurat yang mudah diakses dan dihapal oleh masyarakat dan juga call center 112 bebas pulsa. Sehingga masyarakat mudah untuk melaporkan bila dalam keadaan darurat yang sedang terjadi dilingkungan sekitar,” ujar Agung.

Agung mengucapkan selamat dan sukses kepada Pemkot Bengkulu yang sudah melaunching layanan panggilan darurat call center 112 dan ia juga menyampaikan, Pemkot Bengkulu merupakan urutan ke 85 dari 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang sudah melaunching layanan panggilan darurat ini.

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengapresiasi dinas Kominfo dan pihak terkait yang sudah bekerja keras untuk menghadirkan call center 112 ditengah masyarakat.

Dedy berharap layanan panggilan darurat call center 112 bisa sampai ke masyarakat, sehingga masyarakat kota Bengkulu dalam keadaan darurat bisa langsung menghubungi layanan call center 112.

“Hari ini kita melaunching layanan panggilan darurat call center 112, saya mengapresiasi betul dinas kominfo dan jajaran yang sudah bekerja keras sehingga hari ini call center 112 resmi kita launching, tugas selanjutnya kepada dinas kominfo untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang nomor panggilan ini sehingga masyarakat mengetahui betul call center 112 ini. Call center 112 kita (Kota Bengkulu) ini harus beda dengan yang lain dengan memiliki keunikan pelayanannya tersendiri,” ungkap Wawali Dedy Wahyudi.

Layanan call center 112 ini merupakan tugas baru bagi dinas kominfo, Dedy pun meminta jajaran dinas kominfo untuk mengawal para operator call center 112 agar dapat bekerja 24 jam.

Usai kegiatan launching, rombongan tersebut langsung meninjau sarana dan prasaran call center 112. (R)