Istimewa, Paripurna Hari Jadi Kota Bengkulu Ke-304 Dihadiri MenPAN-RB

More articles

spot_img

Bengkulu, Investigasi.News – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu menggelar sidang paripurna istimewa dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bengkulu ke-304 tahun 2023, bertempat di ruang rapat Ratu Agung DPRD Kota Bengkulu. Kamis (16/3/2023).

Paripurna kali ini terkesan spesial karena dihadiri langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. Ia mengaku senang bisa mengikuti rangkaian Hari Jadi Kota Bengkulu yang begitu meriah.

“Suatu kehormatan bagi kami dari Menpan bisa turut hadir dalam acara peringatan HUT Kota Bengkulu. Saya lihat semuanya keren, acaranya meriah dan berjalan sukses, saya sampai terpukau,” ungkap Menteri Anas.

Kemudian, Menteri Anas menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo terkait reformasi birokrasi. Pertama, birokrasi harus berdampak, kemudian, birokrasi bukanlah tumpukan kertas. Dan ketiga, birokrasi harus bergerak lincah dan cepat.

“Kami mengajak pak Wali dan seluruh perangkat pemerintah dimomen HUT kota ini ayo kita semangat membenahi birokrasi di Kota Bengkulu. Karena seperti yang disampaikan bapak Presiden bahwa seharusnya birokrasi kita ini lebih praktis dan tak ribet ke depannya,” jelasnya.

Menurut Anas, hingga saat ini pemerintah masih seringkali dihadapkan dengan permasalahan internal birokrasi atau masalah di hulu, daripada menyasar langsung permasalahan pembangunan di hilir. Oleh karenanya, saat ini dilakukan percepatan reformasi birokrasi (RB) melalui reformasi birokrasi tematik.

Paripurna
Foto bersama usai Paripurna Hari Jadi Kota Bengkulu Ke-304. (Foto: istimewa)

“RB Tematik ini adalah kerangka kerja untuk mengurai dan menyelesaikan masalah tata kelola terkait program prioritas Presiden agar dampaknya dapat segera dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Terdapat empat fokus dari RB Tematik, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, serta akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan. Kemudian, fokus lainnya adalah RB Tematik program prioritas Presiden untuk merespons dan mengawal isu mendesak untuk meminimalisasi risiko dampak pada masyarakat.

“Untuk itu, kami juga tagline agar kerja pemerintah dapat dengan cepat memberikan dampak positif bagi pembangunan masyarakat, yakni Bergerak untuk Reformasi Birokrasi Berdampak,” pungkasnya.

Di momen ini, Menteri PANRB mendorong segenap jajaran Pemerintah Kota Bengkulu untuk dapat menerapkan RB Tematik. Agar Pemkot Bengkulu dapat bekerja beyond the pattern, agar ada nilai tambah yang melampaui pola, tradisi, dan kebiasaan untuk senantiasa berubah dengan berorientasi kemajuan.

Untuk diketahui, rapat paripurna istimewa ini dipimpin oleh Ketua DPRD Suprianto dan dihadiri Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Wawali Dedy Wahyudi, Kapolres Bengkulu, Wagub Bengkulu Rosjonsyah, anggota Dewan, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (R)

spot_img

Latest

spot_img