Paripurna: Pandangan Umum Fraksi, Pemkot Diminta Terus Berbenah

Bengkulu, Investigasi.News – 9 Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu menyampaikan pandangan umum terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2021.

Ketua DPRD Kota Bengkulu Suprianto didampingi Wakil Ketua I Marliadi memimpin dan membuka langsung rapat paripurna yang digelar di ruang ratu agung, Senin (27/6/2022).

Pada pembukaan, Suprianto mengatakan, rapat paripurna ini menampung pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2021.

“Hari ini agenda kita penyampaian laporan dari fraksi-fraksi. Nanti sore langsung jawaban dari pihak eksekutif terhadap pandangan fraksi,” ucap Suprianto.

9 fraksi DPRD Kota Bengkulu menyampaikan pandangan umumnya, mulai dari Dimulai dari Fraksi PAN, Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, Hanura, Nasdem, PKB dan PPP.

Secara umum, 8 fraksi menerima penyampaian Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2021 untuk dibahas lebih lanjut sesuai perundang-undangan, juga menyertakan beberapa catatan secara langsung dan tanggapan serta saran yang sifatnya konstruktif.

Sedangkan fraksi PKS memberikan catatan secara tertulis karena berhalangan hadir saat paripurna. Disini para fraksi turut menyampaikan selamat kepada Pemkot Bengkulu atas raihan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK atas laporan keuangan tahun 2021.

Ketika diwawancara, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) akan terus berbenah dan melanjutkan berbagai program yang telah dijalankan.

“Pemkot Bengkulu terus melakukan program-program pembangunan langsung menyentuh pada masyarakat. Diantaranya kita kembali melanjutkan program 1000 jalan mulus. Ada juga program Bengkulu terang dengan memasang lampu jalan diberbagai titik. Ini memang belum semua, tapi insya allah di akhir masa jabatan semua akan tuntas,” jelas Dedy.

Terbaru, Pemkot telah menjalankan program BPJS gratis melalui program Universal Health Coverage (UHC).

“Ini pertama dan satu-satunya di Provinsi Bengkulu, bahkan beberapa daerah Sumatera juga belum banyak yang melakukan hal ini. Inilah wujud Kota Bengkulu yang bahagia dan religius,” ungkapnya. (R)