Pengurus Portina Provinsi Bengkulu Resmi Dilantik

Bengkulu, Investigasi.News – Pengurus Portina (Persatuan Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia) provinsi Bengkulu resmi dilantik, bertempat di Hotel Atlet Bengkulu, Sabtu (04/06/2022).

Dalam pelantikan ini, Atisar Sulaiman, S.Ag, MM menjabat sebagai Ketua Umum Portina Provinsi Bengkulu periode 2020-2024.

Sekjen Portina Nasional Asdiar Bachtiar usai melantik menjelaskan dengan berdirinya Portina provinsi Bengkulu semakin melengkapi kepengurusan Portina yang sudah ada sebelumnya di beberapa provinsi di Indonesia.

‘’Dengan dilantiknya Portina Bengkulu menambah kelengkapan administrasi, karena hampir seluruh provinsi Portina sudah terbentuk. Apalagi Portina sangat mendukung semua program program pemerintah terutama bidang olahraga,’’ jelas Asdiar Bachtiar.

Asdiar menambahkan Portina juga mendukung kemajuan olahraga nasional. Apalagi Kementerian Pemuda Olahraga memiliki desain besar penataan olahraga dengan tiga macam yakni olahraga prestasi, pendidikan, dan rekreasi.

Sementara itu Ketua Umum Portina provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman bertekad akan memperjuangkan olahraga tradisional yang ada untuk dapat tampil di kancah nasional maupun internasional.

Hingga saat ini baru ada 11 olahraga tradisional yang dibakukan, yaitu egrang, gebug bantal, terompah panjang, lari balok, tarik tambang, hadang, patok lele, benteng, dagongan, sumpitan, dan gasing.

‘’Jika memenuhi persyaratan, kami akan memperjuangkan agar ada yang bisa naik tingkat menjadi olahraga prestasi,’’ ungkap Atisar.

Atisar menambahkan saat ini sudah ada usulan empat olahraga tradisional untuk ditambahkan yakni pencak silat tradisional, sepakraga, panahan tradisional dan ketapel.

‘’Kita sangat bangga dengan kekayaan olahraga tradisional yang sudah diwariskan oleh nenek moyang kita. Namun, di satu sisi, ada tantangan yang tidak bisa kita pungkiri. Era digital yang saat ini mendominasi generasi muda adalah hal yang tidak bisa kita hindari. Tapi perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, bukan berarti hambatan dalam melestarikan olahraga tradisional. Justru ini adalah peluang untuk melakukan sosialisasi, baik melalui games, aplikasi, ataupun media sosial seperti FB,IG dan WhatsApp yang saat ini menjadi kehidupan sehari-hari generasi milenial,’’ tutup Atisar.

Berikut adalah susunan Pengurus Harian PORTINA Provinsi Bengkulu masa bakti tahun 2020-2024 :
1. Ketua Umum : Atisar Sulaiman,S.Ag,MM
2. Waketum : Aswandi,S.Pd
3. Sekretaris Umum : Mirza Hairat, SH,MH
4. Wakil Sekretaris : Eko Suharyanto,S.Sos
5. Bendahara Umum : Andar Tuti
6. Wakil Bendahara : Reni Marlena, ditambah 14 orang sebagai ketua dan wakil ketua bidang. (R)