Ruang Layanan Anak DPK Provinsi Bengkulu

More articles

spot_img

Bengkulu, Investigasi.News – Bukan hanya menyediakan buku dan tempat baca, Perpustakaan Provinsi Bengkulu juga memiliki ruang layanan anak yang luas dan nyaman.

Kepala Dinas Perpustskaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd, mengatakan, keberadaan Perpustakaan Daerah ini terbuka untuk umum. Namun jika ingin meminjam buku wajib memiliki kartu keanggotaan.

“Perpustakaan merupakan sumber utama pendidikan. Jika perpustakaan berfungsi dengan baik, maka indeks literasi bangsa dipastikan baik juga,” kata Meri Sasdi, Kamis lalu,

Namun, beberapa masyarakat masih menilai bahwa fungsi perpustakaan bersifat kaku.

CREATOR: gd-jpeg v1.0 (using IJG JPEG v62), quality = 82

Contohnya, perpustakaan hanya sebagai tempat menyimpan koleksi referensi untuk bahan tugas sekolah, bahan penelitian dan segala sesuatu yang berat-berat.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu Masa Persidangan ke-l tahun 2023, Tentang Pajak Daerah dan Retribusi

Sekarang paradigma tentang perpustakaan terus berubah. Perpustakaan tidak lagi dianggap sebagai tempat yang horor. Seorang pustakawan harus aktif, kreatif dan inovatif agar pengunjung betah di perpustakaan. Gedung-gedung perpustakaan di desain menarik dan kreatif, sehingga pemustaka merasa nyaman karena sejatinya perpustakaan digunakan sebagai refleksi diri, tempat rekreasi atas kepenatan-kepenatan pekerjaan, tugas sekolah atau tugas kuliah.

Layanan anak sebagai kelompok layanan yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu memberikan layanan rekreatif bagi masyarakat, selain menyediakan koleksi yang dapat dibaca.

Layanan anak Perpustakaan Provinsi Bengkulu juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Apa saja yang bisa didapatkan di sana? Berikut beberapa fasilitas yang ada di layanan anak Perpustakaan Provinsi Bengkulu.

Baca Juga :  Walikota Helmi Mulai Jajal Fasilitas di Kota Merah Putih

Layanan anak mempunyai ruang baca yang luas dan nyaman bagi anak-anak dan keluarga. Selain itu, dilengkapi dengan koleksi buku yang beragam. Seperti komik, cerita rakyat, buku pelajaran dan lain-lain. Selain tempat yang nyaman dan menghibur untuk anak-anak, ruang layanan anak ini juga dapat menumbuhkan minat baca anak sedari dini.

Anak-anak yang datang ke perpustakaan akan disambut oleh pustakawan untuk diajak belajar bersama melalui story telling. Story telling akan membantu anak untuk proses mengenal buku, meningkatkan kreativitas anak, menambah kosakata dan menambah ilmu baru dari cerita yang disampaikan. (R)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img