INFOBRAND Rilis Top 100 Innovation Choice Award 2022 dan Penghargaan Pertama Di Indonesia

Hadirnya revolusi industri 4.0 sebagai upaya transformasi yang mengintegrasikan teknologi dan pertukaran data menjadi penanda bahwa inovasi terus terjadi. Inovasi wajib dilakukan sebagai upaya beradaptasi dengan kondisi market terupdate dan menjadi solusi atas persoalan yang terjadi. Tidak hanya itu, inovasi juga menjadi kunci untuk menemukan sesuatu yang baru untuk menjadi pionir di kategorinya.

Dalam bisnis, inovasi memberikan peluang yang dapat dieksplorasi guna menghadirkan produk baru yang dibutuhkan masyarakat, hingga produk yang unggul untuk bersaing dengan merek lain dalam kategori produk yang sama. Menghadapi dunia yang terus berubah, inovasi pun menjadi hal yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, bahkan menjadi kunci untuk menemukan sesuatu yang baru, sehingga menjadi pionir di kategorinya.

Tujuan dari inovasi sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas baik produk maupun jasa, melebarkan jaringan bisnis semakin luas, bahkan menciptakan pasar baru. Karenanya inovasi memiliki banyak manfaat dalam aktivitas bisnis, seperti memberikan solusi untuk memecahkan masalah. Jika ada produk lama yang sudah tidak bisa dipasarkan, inovasi harus dilakukan guna menarik kembali minat masyarakat terhadap produk di pasaran.

Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID menyampaikan, untuk mengapresiasi kepada brand-brand yang sukses melakukan inovasi, INFOBRAND.ID sebagai number one brand media bekerjasama dengan TRAS N CO, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia, menghadirkan TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2022 sebagai penghargaan bergengsi di bidang inovasi, yang diberikan kepada perusahaan dan brand atas keberhasilannya menciptakan inovasi terhadap produk atau layanannya. Dan Penghargaan PERTAMA DI INDONESIA, sebagai pengakuan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atas inovasi yang berhasil diciptakan, dan menjadi pionir di kategori produk atau jasanya.

“Dengan demikian, kami berharap melalui Award Ceremony ini bisa menjadi motivasi bagi para pelaku brand untuk terus berinovasi menghadirkan produk yang inovatif yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Dan tentunya penghargaan ini juga diharapkan bisa menjadi suporting dalam kegiatan membangun branding dan marketing dari hasil inovasi yang dihasilkan,” ungkap Susilowati Ningsih, dalam kesempatan award ceremony, yang digelar di The Sultan Hotel, Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Lebih lanjut Tri Raharjo, selaku CEO TRAS N CO Indonesia menambahkan, ajang penghargaan tersebut sebagai upaya untuk mendukung lahirnya inovasi yang dilakukan oleh brand di Indonesia, dengan mengumpulkan data-data perusahaan dan brand inovatif, yang berhasil menciptakan sebuah inovasi yang berdampak langsung terhadap konsumen, dan mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Berdasarkan riset Top Innovation Choice Index 2022 terhadap lebih dari 300 inovasi produk atau layanan yang diciptakan perusahaan/brand di sepanjang waktu 1 tahun terakhir, beberapa inovasi yang kami temukan, hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang terus berubah, hadir karena mengikuti perkembangan teknologi, hingga hadir untuk menjawab perubahan lingkungan.

Beragam inovasi yang dihadirkan oleh perusahaan tersebut layak mendapatkan penghargaan Top Innovation Choice Award 2022, karena memenuhi kriteria penilaian yang kami lakukan, meliputi; Innovation Idea Aspect, menilai ide atau gagasan yang menarik yang melatar belakangi perusahaan dalam menciptakan sebuah inovasi. Innovation Differentiation Aspect, menilai sifat kebaruan serta dapat menjadi ciri khas dari produk/layanan dari brand yang menciptakan inovasi. Dan Innovation Advantage Aspect, menilai kemampuan memberikan nilai tambah terhadap produk/jasa yang dihadirkan.

Beberapa inovasi bahkan menyabet Penghargaan Pertama Di Indonesia, karena memenuhi kriteria penilaian yang kami lakukan, yakni; The First Aspect, bahwa perusahaan peraih Pertama Di Indonesia memenuhi unsur Pertama Di Indonesia di kategori produk / jasanya baik inovasi atau pioneer di kategorinya. Evidence Aspect, bahwa perusahaan peraih Pertama Di Indonesia memiliki alat bukti atau dibuktikan melalui pemberitaan sebagai Pertama Di Indonesia untuk di kategori produk/jasanya. Dan Validation Aspect, bahwa perusahaan peraih Pertama Di Indonesia, wajib menandatangani surat Validation Data & Disclaimmer sebagai Pertama Di Indonesia dan atau Dibuktikan dengan Online Validation Survey melalui mesin pencari dan media sosial.

Adapun beberapa inovasi yang berhasil menyabet penghargaan Top Innovation Choice Award 2022, antara lain; Polytron dengan inovasi Polytron Mini LED Quantum 85 inch, TV dengan teknologi Mini LED, memungkinkan layar televisi menampilkan gambar dengan jelas, tajam, dan warna hitam yang lebih pekat. Sunguard All In One, Inovasi produk cat yang dilengkapi dengan UV Shield Pro yang mampu memantulkan sinar infra merah matahari hingga 90%, sehingga membantu menurunkan suhu di dalam rumah hingga 5 derajat Celcius. FLIFE dengan inovasi Multifuction Ellectric Pressure Cooker PC05LB, Multifuction Ellectric Pressure Cooker dengan 10 fungsi memasak utama dengan dukungan teknologi pengatur 7 level tekanan yang dapat disesuaikan pengguna.

Selanjutnya ada The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) dengan inovasi TICMIEDU, Platform pendidikan dan pelatihan profesi pasar modal untuk kebutuhan belajar individual maupun korporat. CIMB Niaga dengan inovasi KPR Xtra Manfaat, Fasilitas KPR yang dapat dihubungkan dengan 9 rekening tabungan CIMB Niaga dan memberikan benefit berupa angsuran lebih ringan atau lunas lebih cepat, serta bunga hinga Rp.0. Semen Merah Putih dengan inovasi Semen Merah Putih Watershield, Inovasi semen multiguna super premium dengan kandungan water-repellent yang memiliki keunggulan utama memberi perlindungan lebih terhadap bangunan di segala cuaca terutama hujan dan memberikan efek daun talas pada hasil akhir pekerjaan bangunan.

Kemudian ada Aqua Japan dengan inovasi AQUA Japan AQA-KCRV10WXW, Inovasi Air Conditioner (AC) dengan teknologi UVC Sterilization mampu menghilangkan virus berbahaya di udara sehingga udara bersih dan aman untuk bernapas. Midea dengan inovasi Midea BreezeleSS+, AC inverter yang memiliki fitur S-Wing Side Air-Outlet menyebarkan pendinginan dari 3 sisi (depan, kiri, dan kanan) dan speedy cool fan wheel yang dapat menurunkan suhu ruangan dalam waktu 40 detik. Dan BlackVue dengan inovasi DR750X-3CH DMS Plus, Dashcam dengan Fitur Driver Monitoring System.

Dan peraih Penghargaan Pertama Di Indonesia adalah; TAF FLEXI, Fitur Digital Flexible Financing Pertama Di Indonesia. Semen Merah Putih Watershield, produk semen multiguna terbaru dengan Teknologi Water-Repellent Pertama di Indonesia. CIMB NIAGA SYARIAH, Bank Syariah Pertama di Indonesia yang Melakukan Transaksi Komoditas Murabahah di Bursa Komoditas Syariah, Dan METANESIA, Ekosistem Metaverse Pertama di Indonesia.(***)