Pramuka Kwarcab 11 Kota Sawahlunto Usung Pariwisata Warisan Dunia Ombilin di Jamnas XI

JAKARTA, Investigasi.news – Kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto mengusung Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto UNESCO di arena Jambore Nasional (Jamnas) XI.

Mulai tapak perkemahan dan atribut kontingen akan mewarnai bumi perkemahan Jamnas yang digelar 14 sampai 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wusata (Buperta) Cibubur Jakarta.

Ketua Kontingen Jamnas Kwarcab Kota Sawahlunto Refjon menyatakan sesuai dengan harapan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Ka Kwarcab Sawahlunto Zohirin Sayuti pada Jamnas nanti segenap kontingen akan mempromosikan pariwisata dan Warisan Dunia Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto.

“ persiapan dan pembekalan peserta didik telah dilaksanakan agar setiap peserta bisa mempromosikan di arena Jamnas dan mulai dari atribut pakaian serta tapak perkemahan pun ditata dengan ornamen miniatur situs warisan dunia” kata Refjon Jumat (12/8/2022).

Lebih jauh Refjon menjelaskan pada Jamnas ini selain 16 peserta pramuka penggalang dan 1 penggalang berkebutuhan khusus serta Pembina pendamping tak hanya mengikuti kegiatan namun membawa misi promosi pariwisata dan Warisan Dunia Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto.

Saat acara pelepasan yang digelar di Rumah Dinas Wali Kota Sawahlunto, Sabtu (6/8/2022) lalu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta berpesan agar para peserta Jamnas yang juga putera – puteri terbaik hasil seleksi dan mengikuti pembekalan dapat mengikuti kegiatan Jambore dengan sebaik-baiknya.

“Jaga kondisi kesehatan, jaga kekompakan regu Jambore Nasional XI kontingen Sawahluto bersama lainnya se-Sumatera Barat, karena adik-adik mewakili kontingen Jambore Nasional XI Kwarcab kota Sawaahlunto “ kata Deri.

Wako berharap jadilah peserta yang baik, ramah dan handal serta dapat berkomunikasi dengan sesama kontingen dan kenalkan budaya kita, supaya dapat saling mengisi dan menghormati saling pertukaran informasi guna bertambah pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang dapat ditularkan kepada rekan lainnya di kota ini. (T.Ab)