Berlaga di Piala Asia 2022, Tim Nasional Putri Indonesia Dilepas ke India

More articles

spot_img

Jakarta, Investigasi.news – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terharu saat melepas tim nasional putri Indonesia ke India untuk berlaga di Piala Asia 2022.

Suara Iriawan sempat terbata-bata ketika memberikan kata sambutan dalam acara di salah satu hotel di Jakarta, Minggu.

“Saya terharu Indonesia sudah 33 tahun tidak bertanding di Piala Asia dan saat ini kita bisa berkompetisi lagi di sana,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Emosi Iriawan semakin teraduk ketika dia melihat dan menyentuh bendera Merah Putih yang dicium oleh semua pemain serta ofisial timnas putri sebelum terbang ke India.

“Ketika saya memegang bendera Republik Indonesia yang saya cintai, saya terharu. Saya menginginkan timnas putri memberikan yang terbaik di Piala Asia,” tutur purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu.

PSSI, Iriawan melanjutkan, memang menginstruksikan agar timnas putri memberikan segalanya di Piala Asia 2022 demi meraih pencapaian maksimal.

Tidak ada target khusus yang dibebankan kepada anak-anak asuh pelatih Rudy Eka Priyambada.

“Kami menargetkan tim mendapatkan basil terbaik. Kalau bisa kami juga berharap bisa lolos dari fase grup karena tak ada yang tak mungkin. Saya cukup optimistis melihat performa pemain saat melakukan pertandingan uji coba melawan tim putra maupun putri. Semangat mereka pun luar biasa,” tutur Iriawan.

Timnas putri Indonesia yang berkekuatan 23 pemain berangkat ke India pada Senin (17/1) dini hari.

Piala Asia Putri 2022 berlangsung di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Indonesia baru lima kali tampil di turnamen ini dengan penampilan terakhir pada tahun 1989 dan prestasi terbaik menjadi semifinalis pada tahun 1977 serta 1986.

Pada Piala Asia Putri 2022, Indonesia bergabung di Grup B bersama Australia, Thailand dan Filipina.

Australia, Thailand dan Filipina merupakan tiga tim yang berpengalaman di Piala Asia Putri.

Termasuk edisi 2022, Australia sudah delapan kali tampil di kompetisi tersebut, sementara Thailand 17 kali dan Filipina 10 kali. Adapun Indonesia baru lima kali.

Dari sisi prestasi, Australia merupakan juara turnamen itu pada tahun 2010, Thailand kampiun tahun 1983 dan Filipina adalah tim peringkat keenam tahun 2018.

Pertandingan pertama Indonesia pada fase grup Piala Asia Putri 2022 berlangsung 21 Januari 2022 yakni menghadapi Australia.

Kemudian pada 24 Januari 2022, “Garuda Pertiwi” akan melawan Thailand lalu tiga hari kemudian menjajal kekuatan Filipina. Aye

spot_img

Latest

spot_img