Bupati dr. Eisti’anah, SE. Secara Resmi Buka TMMD Reguler Ke-114 Kodim 0716/Demak

Demak, investigasi.news-Kodim 0716/Demak menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-114 dengan lokasi sasaran di Desa Kebonagung Kecamatan Kebonagung Kabupaten Demak. Selasa. (26/07/2022).

Upacara pembukaan dilaksanakan dihalaman balai desa Kebonagung. Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Demak. dr. Eisti’anah, SE.

Pada kesempatan tersebut sejumlah peralatan kerja TMMD secara simbolis diserahkan kepada perwakilan warga masyarakat dan TNI oleh Bupati. Sebagai tanda dimulai pelaksanaan TMMD Reguler juga dilakukan tabuh kentongan oleh Bupati Demak dengan di dampingi Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P, M.A.P., Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono, SH, SIK, MH, Ketua DPRD Kabupaten Demak H. Fakhrudin Bisri Selamet. SE, dan Kajari Demak Andri Kurniawan, SH. MH.

Pada kesempatan tersebut Bupati Demak dr. Eisti’anah, SE membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Program TMMD telah menjadi bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan persoalan kebangsaan kita hari ini. Karena mengatasi kemiskinan dan pengangguran, mewujudkan daulat pangan dan energi, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, memberantas narkoba, memperkuat semangat nasionalisme dan patriotisme, tidak mungkin hanya mengandalkan peran pemerintah pusat saja, TNI/Polri saja, atau Pemerintah Daerah saja. Semua mesti keroyokan, dan semua mesti bersinergi serta berkolaborasi bersama rakyat untuk menyelesaikan berbagai persoalan tersebut.

Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu/persoalan terkini dengan solusi.

Usai upacara pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi yang menjadi sasaran TMMD Reguler 114 antara lain, pengelolaan sampah, betonisasi jalan beton bertulang, dan rehab RTLH.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo menjelaskan Program TMMD ini merupakan wujud sinergitas antara TNI dan Pemerintah daerah. Dandim menjelaskan, Program kegiatan TMMD kali ini menyasar pada kegiatan fisik dan nonfisik.

Kegiatan fisik meliputi Betonisasi jalan beton bertulang. Untuk sasaran tambahan yaitu berupa Rehap RTLH dan Normalisasi sungai. Sedangkan sasaran non fisik meliputi penyuluhan-penyuluhan seperti Bela Negara, Wasbang, Stunting, Pertanian, Narkoba, KB Kesehatan dll.

“Kegiatan TMMD ini merupakan implementasi nyata komitmen TNI dan Pemerintah Daerah dalam melestarikan jiwa gotong royong masyarakat, untuk membangun wilayah pedesaan. Program TMMD ini nantinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, “pungkas Dandim. Peni