Demplot Kodim 0736/Batang Di Desa Rowobelang, Panen Jagung

Batang, investigasi.news- Tidak henti-hentinya Kodim 0736/Batang membantu program dari pemerintah, tidak hanya membantu mengatasi permasalahan stunting yang saat ini sedang melanda di negeri ini, Kodim juga membantu menyiapkan ketahanan pangan apabila negara kita menghadapi krisis pangan.

Pagi tadi, Jum’at (29/07/22) bertempat di lahan demplot Kodim 0736/Batang Desa Rowobelang Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Dandim Let­nan Kolonel Inf Ahmad Alam Budiman telah melaksanakan Panen Jagung perdana bersama dinas terkait dan Muspika Kecamatan Batang.

Selain dari jajaran Kodim turut hadir juga dalam pelaksanaan panen. Kepala Dispaperta Ir. Susilo Heru, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Batang Rindra Wardhana di wakili Bapak Dani, Camat Batang Luksono Pramudito,S.STP,MM, Kapolsek Batang kota AKP Ahmad Almunasifi, SH dan Kelompok Tani Desa Rowobelang.

Adapun jenis jagung yang di Panen kali ini, jagung Varietas Bisi -2 dengan luas lahan 5000 Meter.

Pada pagi hari ini, kita bisa berkumpul di tempat ini untuk mengadakan acara panen jagung perdana Kodim 0736/Batang. Alhamdulillah program yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat ini sudah bisa terlaksana dengan baik, salah satunya untuk membantu menopang perekonomian rakyat dengan ketahanan pangan.

Kita ketahui bahwa sebetulnya tugas TNI Angkatan Darat itu bukan tanam jagung, tapi tugas TNI adalah membantu masyarakat dan bukan hanya dalam ketahanan pangan saja, yang menjadi tugas berat TNI saat ini membantu pemerintah mengatasi dan mencegah stunting. “ungkap Dandim”.

Mengenai stunting saat ini, wilayah Kabupaten Batang cukup memprihatinkan, dibandingkan dengan Pekalongan ternyata cukup banyak kalau di Pekalongan Kota dan Kabupaten hanya kurang lebih ada 1000 anak, tapi di Kabupaten Batang ini ada sekitar 5.000 anak yang menderita stunting, “bebernya”.

Kemarin kami juga sudah keliling guna memberikan penyuluhan dan bantuan kepada keluarga yang anaknya menderita stunting.

Kalau di lihat bapak-bapak sekalian, institusi TNI Angkatan Darat kok banyak tugas yang tidak sesuai dengan tugas pokok seperti halnya berperang. Namun sekarang tugas TNI khususnya Kodim 0736/Batang lebih menitik beratkan ke bantuan sosial, “tuturnya”.

Terima kasih atas bantuan Bapak beserta kelompok tani yang ada di Desa Rowobelang ini, harapan kami dengan adanya penanaman jagung untuk ketahanan pangan demlot Kodim 0736/Batang ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekeliling.

Program ketahanan pangan yang bekerjasama dengan unsur masyarakat (kelompok tani) sebagai wujud sinergisitas antara Kodim 0736/Batang mendukung Program Pemerintah Pusat.

Panen jagung hasil kerjasama Kodim 0736/ Batang dan Petani ini merupakan bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang digalakkan oleh pemerintah yaitu Jagung. Diharap dukungan ini mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan, “tungkas Dandim”.

Kepala Desa Rowobelang Dul Sipur menambahkan, semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan senantiasa kita semua diberikan kesehatan serta kekuatan untuk dapat menjalankan amanah tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan semua warga.

Saya biasa di sawah kalau habis tanam satu atau tiga hari tanaman sangat membutuhkan air. Namun akhir-akhir ini hujan jarang turun, seperti halnya bulan kemarin satu bulan tidak turun hujan, ini menjadi kendala dalam pengairan lahan.

Harapan warga Desa Rowobelang, “imbuh Kades” yang dari dahulu hingga sekarang di tahun 2022 ini saya mewakili warga menyampaikan kepada bapak Dandim, mohon dengan bijak untuk Desa Rowobelang agar dapat diadakan TMMD pembuatan jalan dan gorong-gorong, agar air dari Desa atas (Cepoko Kuning) bisa sampai di Desa Rowobelang, kita sangat membutuhkan air untuk mengairi tanaman warga, “pungkas Dul Sipur”. Peni