Kapolsek Patean Laksanakan Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat

More articles

spot_img

KENDAL, investigasi.news- Kapolsek Patean melaksanakan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam korservasi Sumber Daya Air di Daerah Aliran Sungai (DAS) Blukar dalam rangka mengoptimalkan kegiatan operasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana konservasi tahun 2022 bertempat di Kantor Balai Pertemuan Kecamatan Patean. Sabtu (26/03/2022).

Hadir pada kegiatan tersebut Anggota komisi D DPRD prov Jateng H. Benny Karnadi, S.Ag. Kepala Dinas lingkungan hidup dan kehutanan Prov Jateng. Forcompimcam Patean. Camat Patean Adi Muktianto, S.H. Kapolsek Patean AKP Budijanton, S.H. Danramil Patean Kapten Inf. Moh Sarjono. Sekcam Patean. CDK IV Perhutani KPH Kabupaten Kendal. DLH Kabupaten Kendal. UPTD IV wilayah Limpung. Pokla SDA Wil. Bodri. Perkebunan Nusantara IX Kab. Kendal. Kasi tantrip Kecamatan Patean. Kepala Desa Kalilumpang, Sidokumpul, Kalibareng, Kalices, Cuugsewu, Bringinsari.

Anggota komisi D DPRD Provinsi Jateng H. Benny Karnadi, S.Ag dalam sambutanya menyampaikan, maslah sungai sering terjadi pada musim penghujan daerah di wilayah atas sering terjadi erosi dan yang daerah bawah banjir. Sungai sendiri merupakan sumber daya air yg bnyak manfaatnya salah satunya irigasi petanian.

“Saya harap para kades untuk mnyampaikan kepada masyarktnya untuk saling menjaga sungai agar tidak terjadi erosi dan banjir. Untuk itu desa mna yg sering banjir dpt d sampaikan agar nanti saya usulkan untuk dapat membuat cek Dam atau membuat bronjong di sepanjang aliran sungai yang menebabkan erosi,” jelas Benny Karnadi

Sementara itu Kepala dinas Lingkungan hidup dan kehutanan Prov Jateng menyampaikan bahwa, sungai di Kabupaten Kendal kurang lebih ada 12 sungai yang mengalir di kabupaten kendal. Untuk kali ini kita membahas sungai DAS blukar kalau musim hujan sering banjir dan musim kemarau airnya surut.

“Untuk itu kita harus memberitakukan kepada masyarakat untuk tidak menebang pohon d pnggir sungai dapat menyebabkan erosi dan menyebabkan diameter sungai tersebut meluas. Sungai akan erosi apabila ada penambangan di bawahnya maka batu dan pasir yang dari atas itu akan ketarik kebawah dan dapat terjadi erosi sungai di atas,” katanya.

Kapolsek Patean AKP Budijanton S.H, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait peran serta masyarakat dalam pengelolaan konservasi DAS Blukar, agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam melestarikan fungsi dan manfat sungai,

“Untuk menjaga kelestarian manfaat dan fungsi sempadan sungai, perlu adanya sosialisasi yang ditindak lanjuti dengan upaya penertiban bangunan tanaman keras di dalam ruang sempadan sungai yang mlibatkan Pemkab, TNI, Polri, Pemdes dan masyarakat setempat,” ujar Kapolsek Patean

“Perlu adanya upya penanaman kembali lahan koservasi melalui kegiatan reboisasi yg melbatkan instansi Pemerintah,TNI/Polri, pemdes,LSM dan masyarakat. Perlu diusulkan alokasi anggaran pembuatan bangunan konservasi sungai berupa tebing dari bronjong di Dusun Cipluk Desa Sidokumpul, Cek Dan di Desa Kalibareng dan Penahan tebing sungai sepreh di Desa Kalilumpang,” pungkasnya.
Peni

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img