Tour D’Banyumas, Wisata Edukasi Sejarah, Budaya dan Wisata Religi Banyumas

Banyumas, investigasi.news – Guna untuk mengetahui dan mengenal sejarah dan budaya lokal sebagai wahana mengedukasi sejarah berdirinya Banyumas serta untuk melestarikan budaya lokal Banyumas kepada masyarakat luas pada umumnya dan segenap anggota Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro khususnya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga dengan didampingi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Wiwin Candra beserta pengurus, melakukan kunjungan wisata edukasi sejarah dan budaya lokal Banyumas serta wisata religi, Kamis (8/9/2022).

Tour D’Banyumas Edukasi Budaya dan Religi ini, selain diikuti pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, juga diikuti Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol.

Tour D’Banyumas dengan mengunjungi tempat bersejarah di Kota Lama Banyumas Kecamatan Banyumas, yang sebelumnya merupakan tempat Kadipaten Banyumas pusat pemerintahan Banyumas sebelum pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas dipindah ke Purwokerto hingga sekarang.

Ditempat Kota Lama Banyumas ini, terdapat berbagai peninggalan sejarah Kadipaten Banyumas diantaranya dengan adanya sumber mata air atau yang lebih dikenal sumur mas cikal bakal nama Banyumas.

Dilokasi yang sama juga terdapat di dalam satu kompleks dengan Kadipaten yang sekarang menjadi Kantor Kecamatan Banyumas, terdapat Situs Pohon Tembaga, Pendapa, Museum Wayang, Rumah Lengger Banyumasan, Taman Sari. Selain itu, dalam city tournya dengan mengunjungi Ndalem pangeran, gumbregan, jalan pungkuran, klenteng Boen Tek Bio, jalan kulon, Kepatihan masjid Agung Nur Sulaiman yang berlokasi dikomplek Alun-alun Kota Lama Banyumas serta berziarah ke makam Bupati Pertama Banyumas
R.Djaka Kaiman/Adipati Mrapat, makam R.T. Yudanegara II dan ke makam Margono Djojohadikoesoemo di Pesarean Dawuhan Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas.

Kegiatan Tour D’Banyumas dalam kunjungan wisata edukasi sejarah dan edukasi budaya ini, dipandu oleh petugas dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariswisata Kabupaten Banyumas.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny. Natania Yudha Airlangga mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai wahana kita untuk mengetahui dan mengenal lebih tentang sejarah dan budaya Kabupaten Banyumas.

“Kita mengunjungi tempat-tempat bersejarah Banyumas ini, sebagai wahana kita mengedukasi sejarah dan budaya Banyumas dalam rangka turut serta melestarikan budaya bangsa budaya lokal Banyumas”, terangnya.

Sedangkan dalam kunjungannya berziarah ke makam Bupati Pertama Kabupaten Banyumas R.Djaka Kaiman/Adipati Mrapat, makam R.T. Yudanegara II dan ke makam Margono Djojohadikoesoemo sebagai bentuk penghormatan dan menghargai jasa para leluhur pendiri Kabupaten Banyumas.

Dalam Tour D’Banyumas ini, usai melaksanakan wisata sejarah dan budaya serta wisata religi ke makam para pendiri Kabupaten Banyumas, rombongan mencicipi kuliner jajanan asli Banyumas.

Setelah mengunjungi Kota Lama Banyumas, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro dengan didampingi Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, meninjau Museum Koperasi Pertama Indonesia dan Museum Bank BRI di Purwokerto. Peni