Pj. Bupati Jepara Pimpin Apel HUT PGRI Ke-78 dan Hari Guru Nasional 2023

Jepara, investigasi.news – Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta, memimpin apel dan Jalan Sehat dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke-78, dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2023 di Alun-alun Kabupaten Jepara, Sabtu (14/10/2023).

Dalam jalan sehat tersebut menyediakan beberapa hadiah menarik, agar para guru baik yang Negeri maupun Swasta dan para murid-murid ikut berperan aktif menyemarakkan serta mensukseskan HUT PGRI ke – 78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah Muhdi, Kasi Intel Kejaksaan Rony Indra, Ketua PGRI Jepara Darono Adi Widodo, Ketua DPRD Jepara Haizul Maarif, dan seluruh guru-guru se Kabupaten Jepara.

Baca Juga :  Pj. Bupati Jepara Sumbangkan Bantuan Langsung Tunai DBHCHT untuk Buruh Pabrik Rokok

Dalam sambutannya, Edy Supriyanta mengajak para guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dan mengajak anak-anak yang putus sekolah kembali lagi ke bangku sekolah guna untuk menaikkan kembali Angka Partisipasi Sekolah (APS) menjadi 100%.

“Rata-rata lama sekolah (RLS) tahun 2022 baru 8,08 tahun. Meski lebih tinggi dari Jawa Tengah (7,93 tahun), tetapi di bawah rata-rata nasional (8,69 tahun). Pada tahun yang sama, Angka Partisipasi Sekolah (APS) anak usia 7-18 tahun, baru mencapai 88,51 persen, lebih rendah dibandingkan Jawa Tengah (89,06 persen) dan Nasional (89,39 persen). maka selain mengembalikan Anak Tidak Sekolah (ATS) ke bangku pendidikan, mari kita ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak-anak.” kata Edy.

Baca Juga :  ASDP Resmikan Reservasi Tiket Online di Pelabuhan Jepara dan Karimunjawa melalui trip.ferizy.com

Edy Supriyanta menjelaskan, momentum peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ini, pantas dijadikan modal optimisme memajukan pendidikan generasi muda. Sekaligus mewujudkan merdeka belajar di era milenial sekarang. secara nasional HUT PGRI dan HGN tahun ini diperingati dalam tema “Transformasi Guru, Wujudkan Indonesia Maju”, dan dalam lingkup lokal, PGRI Kabupaten Jepara mengangkat subtema “Terus Melaju, Membangun Pendidikan untuk Jepara Maju”.

Ia menambahkan, sejalan dengan Kurikulum Merdeka, tema dan subtema di atas harus jadi pendorong untuk mewujudkan ekosistem pendidikan yang mampu menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan berkarakter Pancasila.

“Guru Penggerak agar dapat membuktikan, mampu mendorong transformasi pendidikan, mampu mendorong peningkatan prestasi akademik murid, mengajar dengan kreatif, dan mengembangkan diri secara aktif,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ada penumpang gelap dalam Gelar Seni Budaya Enam Suku Desa Karimunjawa

Jalan sehat ini di awali dari jalan raya depan Pendopo Kabupaten rute sejauh kurang lebih 5 km dan finish di Alun-alun 1 Jepara. Para peserta jalan sehat setelah sampai finish, disuguhi hiburan musik di panggung kehormatan, sembari diselingi undian nomor keberuntungan untuk mendapatkan hadiah.

(Petrus)

Related Articles

Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan
Iklan

Latest Articles

Iklan
Iklan