Bupati Malang Apresiasi Panen Raya 2.550 Ton Kentang di Desa Ngantru, Dukung Peningkatan Produktivitas Pertanian

More articles

Ngantang, Investigasi.news – Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malang Ir. Avicenna M. Saniputra, M.T, M.H, hadiri Panen Raya Kentang Kelompok Tani Gemah Ripah II di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang pada Kamis (12/9) pagi. Panen Raya Kentang kali ini sebanyak 2.550 ton 242 kg. Tidak hanya itu, Hasil panen kentang ini, lansung dikirimkan di pabrik Indofood yang berada di Jakarta, juga di Semarang. Hadir pada kesempatan ini, Camat dan Forkopimcam Ngantang, Kepala Desa; Tokoh Agama; Tokoh Masyarakat Desa Ngantru dan Anggota Kelompok Tani Gemah Ripah II Ngantru.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati Malang menyampaikan apresiasi dan rasa bangga khususnya kepada Kelompok Tani Gemah Ripah II yang telah bekerja keras dan penuh dedikasi dalam mengelola pertanian kentang di Desa Ngantru ini. Terima kasih juga disampaikan kepada Pemerintah Desa dan segenap masyarakat yang telah memegang komitmen tinggi untuk terus mengembangkan dan mempertahankan tanaman kentang sebagai komoditas pertanian di wilayah ini.

Baca Juga :  Bimtek Pilkades Gelombang Ke 2 Tahun 2023

“Sebagai komoditas unggulan, kentang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan berpotensi besar untuk terus dikembangkan sebagai sumber pendapatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saya meyakini bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari kolaborasi yang baik antara petani, pemerintah, dan pihak terkait lainnya,” ungkap Bupati Malang.

Sebagai wilayah agraris, pertanian merupakan salah satu sektor andalan di Kabupaten Malang yang berperan penting dalam Pembangunan Daerah, utamanya bagi kesejahteraan masyarakat dan petani. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pendampingan kepada para petani.

“Adapun bentuk dukungan tersebut, di antaranya yakni melalui penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang memadai, pemberian bantuan bibit unggul, pupuk, serta pelatihan kepada para petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Dalam jangka panjang, saya berharap melalui kegiatan seperti Panen Raya ini, semangat dan motivasi para petani semakin meningkat untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi pertanian,” ujar Bupati Malang.

Baca Juga :  Strategi Penurunan Stunting, Bupati Malang Pimpin Rapat Koordinasi 2024

Di sisi lain, pada era modern ini, pemanfaatan teknologi yang tepat dan keberlanjutan dalam pertanian menjadi kunci untuk menghadapi tantangan global, termasuk perubahan iklim dan ketidakstabilan harga komoditas. Maka dari itu, saya juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya para petani di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang untuk memanfaatkan potensi pertanian yang kita miliki dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut, Bupati Malang mengajak seluruh lapisan stakeholder bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk meningkatkan produktivitas pertanian, bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lokal, tetapi juga untuk menjangkau pasar yang lebih luas. “Saya juga mengucapkan Selamat kepada Kelompok Tani Gemah Ripah II atas suksesnya panen kentang kali ini. Mudah-mudahan hasil panen ini memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Desa Ngantru dan sekitarnya. Saya juga berharap agar sinergi antara petani, pemerintah, dan semua pihak yang terlibat terus terjalin dengan baik untuk kemajuan pertanian juga mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Malang,” pungkas Bupati Malang.

Baca Juga :  Langkah Strategis PU SDA Kabupaten Malang, Adakan Lomba Ini

Guh

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest