Bupati Malang Buka Musrenbang Kecamatan Singosari dan Kecamatan Lawang

More articles

spot_img

Kabupaten Malang, Investigasi.news – Bupati Malang Drs.H.M Sanusi M,M secara resmi buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Singosari, Sebagai Upaya Pemantapan Rencana Pembangunan Desa, Kecamatan dan Kabupaten Malang Tahun 2024 yang Sinergi dan Berkelanjutan guna mewujudkan Malang Makmur, Senin (13/2) pagi.

Musrenbang tersebut dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Singosari yang dihadiri oleh Para Kepala OPD terkait, Muspika Kecamatan Singosari, Perangkat Desa/Kelurahan se- Kecamatan Singosari.

Dalam laporannya, Camat Singosari menyampaikan musyawarah perencanaan kecamatan merupakan forum musyawarah tahunan pembangunan di tahunan para pemangku kepentingan tingkat kecamatan untuk infromasi dan masukan program kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang didasarkan pada masukan dari hasil musrenbang tingkat desa kesepakatan rencana program lintas desa/kelurahan di kecamatan.

“Musrenbang juga dilaksanakan dalam rangka sinkronisasi perencanaan dari tingkat dusun, desa dan kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, regional hingga nasional dan begitu juga sebaliknya dari tingkat pusat hingga daerah,” ucap Agus Nuraji, S.Sos., M.AP. Camat Singosari.

Bupati Malang Drs.H.M Sanusi dalam sambutannya mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Singosari pada kesempatan ini.

“Semoga dengan dilaksanakannya forum ini, kelak dapat memberikan manfaat yang besar terhadap penyelenggaraan pemerintahan maupun layanan terhadap seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Singosari juga Kabupaten Malang pada umumnya. Kehadiran Bapak/Ibu sekalian dalam forum ini, memiliki arti penting dalam upaya memaksimalkan penjaringan aspirasi, sekaligus menginventarisir permasalahan-permasalahan riil yang terjadi di Kabupaten Malang, khususnya di wilayah kecamatan Singosari yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan,” kata Bupati Malang.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Musrenbang merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan guna membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan terhadap pelaksanaan program prioritas. Utamanya terkait dengan kegiatan yang telah tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa dan Kelurahan, menjadi ke dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Kecamatan. Di mana program dan kegiatan tersebut, juga harus diintegrasikan dengan prioritas pembangunan pada skala Pemerintah Daerah yang dalam hal ini yakni Kabupaten Malang.

“Melalui kegiatan Musrenbang ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar Perangkat Daerah, meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan seluruh pemangku kepentingan, sehingga diharapkan dapat memberikan solusi dan melahirkan perencanaan yang lebih strategis, sinergis dan tepat sasaran,” pungkas Bupati Malang.

Sama halnya dengan Kecamatan Singosari, Bupati Malang Drs.H.M Sanusi juga membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Lawang, Musrenbang yang dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Lawang ini turut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Lawang dan Perangkat Desa/Kelurahan se- Kecamatan Lawang.

Dalam hal ini, keterlibatan masyarakat sangat diperlukan dalam perencanaan pembangunan agar kebijakan yang dihasilkan akan lebih tepat sasaran. Terlebih kita sebagai negara demokrasi, tentunya partisipasi publik dalam suatu proses penyusunan kebijakan pembangunan merupakan wujud kolaborasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah, sehingga ke depannya dapat menghasilkan perencanaan yang membawa manfaat untuk semua pihak.

“Oleh karena itu, hal ini menjadi satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dimana Pemerintah Daerah bersama para pemangku kepentingan dituntut untuk berperan sesuai kewenangan masing-masing dalam upaya mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah,” kata Bupati Malang.

Bupati Malang juga menekankan, mengingat pentingnya kegiatan Musrenbang ini maka selayaknya seluruh pemangku kepentingan dan pelaku pembangunan di Kabupaten Malang memberi perhatian serius dan optimal terhadap seluruh rangkaian proses maupun tahapan Musrenbang, serta terlibat secara aktif agar tujuan untuk menjadikan Musrenbang sebagai instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran partisipatif dapat kita wujudkan. Di sisi lain, Musrenbang pada hari ini juga bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

(guh/giar)

spot_img

Latest

spot_img