Bupati Malang Dukung Penguatan LKM Artha Desa untuk Akselerasi Ekonomi

More articles

spot_img

Malang, investigasi.news – Dalam upaya memperkuat sektor keuangan di tingkat desa, Bupati Malang memperkenalkan program unggulan dalam sebuah acara penting yang dihadiri oleh Menteri Desa PDTT dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Bupati menegaskan bahwa penguatan BUMDes dan BUMDesma melalui PT Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Artha Desa merupakan bagian dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Malang untuk tahun 2024 pada Kamis (4/07).

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Malang menyoroti bahwa program ini bertujuan untuk mempercepat literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten Malang. Pemerintah Kabupaten Malang telah mengambil berbagai langkah strategis untuk mewujudkan PT LKM Artha Desa. Langkah-langkah tersebut termasuk menjalin koordinasi yang erat dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Baca Juga :  Wujudkan Pemilu Damai 2024, Ketua DPRD Kota Malang Ingatkan Caleg Taati Aturan

“Alhamdulillah, hasil koordinasi tersebut dapat kita wujudkan bersama dengan dilaksanakannya pertemuan kita hari ini, yang juga dihadiri Bapak Menteri Desa PDTT, beserta seluruh stakeholders terkait. BUMDes dan BUMDesma yang melakukan penyertaan modal dalam rangka pembentukan PT LKM Artha Desa Kabupaten Malang berjumlah 58 investor dengan total modal sebesar Rp 1 Miliar,” jelas Bupati. Rinciannya adalah 28 BUMDesma dengan total penyertaan modal sebesar Rp 947 Juta, 1 BUMDes dengan total penyertaan modal sebesar Rp 24 Juta, dan 29 investor perorangan dengan total penyertaan modal sebesar Rp 29 Juta.

Bupati juga menginformasikan bahwa saat ini, proses pembentukan PT LKM Artha Desa sedang dalam tahap pembuatan akta pendirian. Langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan izin kepada OJK. Harapannya, segala proses dapat berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak terkait, termasuk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta OJK.

Baca Juga :  Malang MAKMUR, Menuju Pembangunan Terintegrasi dan Berkelanjutan

Pertemuan ini tidak hanya sebagai ajang koordinasi, tetapi juga sebagai langkah strategis untuk mencapai sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Bupati berharap kolaborasi ini membuahkan hasil maksimal sehingga BUMDes, BUMDesma, dan PT LKM Artha Desa dapat berkembang, produktif, dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan kerja sama yang solid, Bupati optimis bahwa program ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Malang. “Berbekal kolaborasi dan kerja sama yang positif, semoga apa yang diupayakan bersama ini nantinya dapat membuahkan hasil yang maksimal, dan diikuti dengan capaian positif, serta progres yang signifikan.

Sehingga BUMDes, BUMDesma maupun PT LKM Artha Desa Kabupaten Malang semakin berkembang, produktif, serta dapat menjadi penyedia jasa pengembangan usaha bagi masyarakat yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah secara keseluruhan,” pungkasnya.

Baca Juga :  HIPMI Kota Malang Gelar Fun Mini Soccer: Ajang Kolaborasi dan Networking Pengusaha Muda

Guh

spot_img
spot_img

Latest

spot_img