Hadiri Musrenbang Kecamatan Pakis, Wabup Malang Himbau, Jadikan Forum Strategis Untuk Menyusun Rencana Pembangunan

More articles

spot_img

Kabupaten Malang, investigasi,news-Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Malang Tahun 2024 di Tingkat Kecamatan Pakis, yang bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (1/2) pagi.

Wabup, dalam arahannya, menyampaikan Musrenbang merupakan forum strategis yang dilaksanakan dalam rangka menyusun rencana pembangunan partisipatif, berkeadilan, dan berkelanjutan, untuk menjaring kebutuhan pembangunan dari berbagai tingkat dan lingkup perencanaan.”Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah hadir. Kehadiran bapak ibu sekalian memiliki arti penting dalam upaya memaksimalkan penjaringan aspirasi, sekaligus menginventarisir permasalahan-permasalahan riil yang terjadi di Kabupaten Malang, khususnya di wilayah Kecamatan Pakis yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan,” jelas Wakil Bupati Malang.

Beliau menekankan bahwasanya perencanaan pembangunan daerah berperan penting dalam mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah. Hal ini menjadi satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dimana Pemerintah Daerah bersama para pemangku kepentingan dituntut untuk berperan sesuai kewenangan masing-masing dalam upaya mengintegrasikan rencana tata ruang dengan rencana pembangunan daerah berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah.

”Musrenbang pada hari ini juga bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan. Ada beberapa pokok penting yang harus diperhatikan, diantaranya, Usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang tertuang dalam daftar usulan desa/kelurahan yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan harus sesuai dengan sasaran, dan prioritas pembangunan dan Kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa, serta Pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah kabupaten/kota,” tegasnya.

Wakil Bupati Malang mengingat pentingnya kegiatan Musrenbang ini sehingga maka selayaknya seluruh pemangku kepentingan dan pelaku pembangunan di Kabupaten Malang memberi perhatian serius dan optimal terhadap seluruh rangkaian proses maupun tahapan Musrenbang, serta terlibat secara aktif agar tujuan untuk menjadikan Musrenbang sebagai instrumen penting dalam perencanaan dan penganggaran partisipatif dapat kita wujudkan.

Diharapkan, melalui kegiatan Musrenbang ini, diharapkan dapat menjadi sarana untuk memperkuat koordinasi antar Perangkat Daerah, meningkatkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Malang dengan seluruh pemangku kepentingan, sehingga diharapkan dapat memberikan solusi dan melahirkan perencanaan yang lebih strategis, sinergis dan tepat sasaran.

Hadir juga pada kegiatan ini diantaranya sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Malang, Muspika Pakis, serta para Kepala Desa dan staf.

(guh/giar)

spot_img

Latest

spot_img