Malang Dukung Digitalisasi Industri melalui Sosialisasi SIINas dan Lomba Cinderamata

More articles

Kabupaten Malang, dutametro.com – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M membuka kegiatan Sosialisasi Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) bertajuk ‘Informasi Akurat Industri Kuat’ bagi pelaku usaha di Kabupaten Malang, serta Lomba Cinderamata Garudeya Khas Kabupaten Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Rabu (18/9/2024) pagi.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Malang sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Malang, Ketua I TP PKK Kabupaten Malang, Ketua Dharma Wanita Persatuan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, para narasumber dan peserta dari penggiat IKM (Industri Kecil Menengah) dan UKM (Usaha Kecil Menengah) se Kabupaten Malang.

Tak ketinggalan, seorang buyer asal Turki, Emrah Celebi juga dihadirkan untuk menangkap sejauhmana potensi dan peluang produk IKM dan UKM yang ada di Kabupaten Malang untuk go international.

”Kehadiran para pelaku usaha pada kesempatan ini, tentunya juga memberikan makna penting bagi perkembangan informasi dan data industri di Kabupaten Malang. Termasuk hadirnya Mr. Emrah Celebi sebagai buyer untuk membuka pasar dunia bagi produk-produk IKM dan UKM di Kabupaten Malang dengan bertemu langsung dengan para penggiat IKM dan UKM. Karenanya, saya berharap agar keberadaan forum ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku industri di Kabupaten Malang pada khususnya, maupun pengelolaan akun Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) pada skala yang lebih luas,” jelas Bupati Malang dalam sambutannya.

Baca Juga :  Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Upacara Sertijab

Abah Sanusi, sapaan akrab Bupati Malang menyebut keberadaan industri memiliki peran strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat daya saing dalam sebuah daerah. Maka dari itu, kata Beliau, sebagai salah satu kabupaten dengan potensi industri yang sangat besar, Pemerintah Kabupaten Malang berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan perkembangan sektor industri, baik skala besar, menengah, maupun kecil. Hal tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2018 tentang Akun Sistem Informasi Industri Nasional dan Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penyampaian Data Industri, Data Kawasan Industri, Data Lain, Informasi Industri, dan Informasi Lain Melalui Sistem Informasi Industri Nasional. Di mana keberadaan sistem tersebut bertujuan untuk mempermudah pengelolaan dan pemantauan sektor industri nasional secara digital dan terintegrasi.

Baca Juga :  DPRD Kota Malang Tetapkan RPJPD 2025-2045 Usai Disetujui Fraksi – Fraksi

”Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) hadir sebagai wadah informasi terpusat, yang memuat data-data penting terkait industri di seluruh Indonesia. Implementasi SIINas sendiri sangatlah penting. Tidak hanya untuk kepentingan pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang tepat, namun juga bagi para pelaku usaha. Ke depan, keberadaan sistem ini akan memberikan akses yang lebih mudah dan transparan terhadap berbagai informasi, seperti data industri, perizinan, dan program-program pemerintah yang berkaitan dengan industri. Dengan adanya SIINas, kita berharap semua pelaku usaha di Kabupaten Malang dapat memanfaatkannya secara optimal, sehingga proses pengelolaan usaha menjadi lebih efektif, efisien, dan akuntabel. Kabupaten Malang, sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, tentunya sangat membutuhkan sistem pengelolaan data industri yang terintegrasi,” tambah Bupati Malang.

Oleh karena itu, Abah Sanusi sangat mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi ini sebagai langkah nyata untuk mengedukasi pelaku usaha tentang pentingnya penerapan SIINas. Beliau berharap, para pelaku industri yang hadir pada forum ini dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk memperdalam pengetahuan tentang SIINas dan cara-cara penyampaian data industri yang benar dan sesuai dengan regulasi yang ada. Dengan partisipasi aktif dari semua pihak, Beliau optimis bahwa keberadaan SIINas akan menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung pengembangan industri yang lebih maju dan berkelanjutan di Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Malang, Raih Gelar Doktor (S3) Ilmu Sosiologi

”Saya sampaikan apresiasi kepada Dekranasda Kabupaten Malang yang telah menginisiasi penyelenggaraan Lomba Cinderamata Garudeya khas Kabupaten Malang. Selain bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dan mengembangkan produk ekonomi kreatif pada sub-sektor kriya, saya berharap agar hasil dari lomba ini dapat menjadi cinderamata yang mencerminkan kekhasan Kabupaten Malang. Selain menjadi sarana promosi, lomba cinderamata ini juga diharapkan dapat menjadi peluang usaha baru yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Selamat mengikuti sosialisasi, semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua. Semoga apa yang kita pelajari dan diskusikan hari ini dapat bermanfaat bagi kemajuan sektor industri di Kabupaten Malang dan Indonesia pada umumnya. Amiin,” harap Bupati Malang.

Guh

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest