Wabup Malang Pimpin Apel Pembukaan Jambore Pramuka Di Coban Rondo

More articles

spot_img
Kabupaten Malang, investigasi.news – Hadir mewakili Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Kabupaten Malang, H.M. Sanusi, atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten Malang, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada penyelenggara dan seluruh pihak yang berkomitmen dalam melaksanakan peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023.” Ucap sosok kelahiran Malang pada 25 November 1969. Yang mengawali karirnya sebagai seorang kepala desa selama kurang lebih 15 tahun di Desa Tunjung Tirto Kecamatan Singosari di Kabupaten Malang pada tahun 1997 hingga 2013.

Disampaikan juga harapannya kepada para peserta jambore oleh sosok yang akrab di sapa Didik ini,

“Semoga dengan semakin bertambahnya usia Gerakan Pramuka, juga disertai dengan bertambahnya semangat terus berkarya dalam membangun daerah juga bangsa yang semakin maju.” ujar mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang yang mengundurkan diri dikarenakan maju dalam Pilkada Malang 2020. Untuk mendampingi Bupati Malang H.M. Sanusi.

Ditegaskan juga dalam arahannya,
“Momentum Hari Pramuka pada hari ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk meng-upgrade kemampuan diri maupun kelompok dalam berkarya,” jelas Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat menjadi Pembina Apel Peringatan Hari Pramuka ke 62 Kwatir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang Tahun 2023. Sekaligus membuka Jambore Pramuka di Bumi Perkemahan Coban Rondo Kecamatan Pujon, Senin (28/8/2023) pagi.

Baca Juga :  Bapenda Kota Malang Siap Luncurkan 288.233 SPPT PBB 2024

Dijelaskannya, Gerakan Pramuka, harus mampu mengejawantahkan makna dari kata Praja Muda Karana, yakni sekumpulan anak muda yang suka berkarya. Produktivitas dan kreativitas, sejatinya menjadi sukma dari Gerakan Pramuka. Tunjukkan bahwa Negara yang ditumbuhkan dari Pramuka di seluruh tingkatan jenjang usia, adalah Bangsa yang tangguh dan berdaya saing. Terlebih pada era perkembangan zaman yang begitu modern dewasa ini, menantikan lahirnya bibit-bibit unggul yang akan membawa perubahan sehingga mampu menuntun semua pada kemajuan Bangsa.

”Jadikan usia yang baru ini, sebagai tonggak yang menandakan kematangan Gerakan Pramuka. Begitupun jiwa-jiwa muda yang ada di dalamnya, agar senantiasa bergerak secara responsive sebagaimana alur dan dinamika perkembangan zaman. Sebagai patriot dan pandu bangsa, saya mendorong Saudara sekalian untuk terus merawat harmoni persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, kita perkokoh pilar-pilar pembangunan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian,” harap Wakil Bupati Malang saat memberikan semangat dan motivasi kepada para peserta Jambore meliputi adik-adik mulai di tingkat Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega perwakilan sekolah SD/MI/SMP/MTS se Kabupaten Malang.

Baca Juga :  Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kab. Malang Luncurkan “DESAKU TUNTAS REBORN”

Beliau kembali menegaskan, bahwasanya keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, tercipta dari mereka yang menguasai Ilmu Agama sekaligus Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Keberadaan SDM unggul ini, tidak hanya menjadi prasyarat bagi Negara yang maju. Namun juga sebagai kunci kemakmuran bumi sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Dalam hal ini, kepramukaan menjadi salah satu instrumen yang efektif guna mencapai cita-cita kemakmuran. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam prinsip dasar kepramukaan juga kode kehormatan dan pendidikan, Trisatya serta Dasa Dharma Pramuka yang menekankan pentingnya iman dan taqwa kepada Sang Khaliq.

Maka dari itu, Beliau menekankan beberapa hal diantaranya: Para anggota Gerakan Pramuka, harus mampu membangun rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan, serta berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat; Lahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, bertakwa, berakhlak mulia dan berkarakter kebangsaan; Gerakan Pramuka, harus adaptif dan terus melakukan pembaharuan serta pembinaan terhadap anggotanya; Optimalkan cara-cara kekinian yang efektif untuk membangkitkan rasa cinta Tanah Air dan Bangsa kepada seluruh generasi Pramuka Indonesia; Lakukan perbaikan dengan mengisi ruang-ruang pembangunan melalui berbagai terobosan pengembangan kapasitas diri guna membawa Indonesia dan Kabupaten Malang yang maju; Jadilah wadah pengembangan diri untuk seluruh rentang usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Kunjungi Pasar Bululawang

”Selamat memperingati Hari Pramuka yang ke-62 Tahun 2023. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf manakala terdapat kekurangan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk agar Jambore Cabang ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Aamiin. Salam Pramuka!” pungkas Wakil Bupati Malang dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional’ yang juga dihadiri Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Malang, Hj. Jajuk Rendra Kresna dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Wakil Ketua dan Anggota Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang, pimpinan dan andalan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang, Majelis Pembimbing dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Tingkat Cabang Kabupaten Malang, Majelis Pembimbing dan Satuan Komunitas Pramuka Tingkat Cabang Kabupaten Malang, Pimpinan Kwartir Cabang dan Ranting serta Andalan dan Seluruh Badan Kelengkapan Kwartir se Kabupaten Malang, para pelatih di Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka se Kabupaten Malang, para Korwil, Pengawas, Kamigus Basis SD/MI/SMP/MTS dan para Pembina Gugus Depan se Kabupaten Malang.

(sG/tG)

spot_img
spot_img

Latest

spot_img