Keren Kampung Ramadhan Di Sula, Simak Sejarahnya

More articles

spot_img

Malut, Investigasi.news – Sanana, 12 Maret 2024 – Bulan Ramadhan, bulan suci yang ditunggu-tunggu umat Islam diseluruh dunia, kembali hadir dengan berkah dan rahmat yang melimpah, di Desa Fagudu, kesibukan dan kegiatan dunia modern akan terlihat dan terasa selama bulan Ramadhan karena diadakannya kampung Ramadhan oleh beberapa pemuda kreatif.

SEJARAH KAMPUNG RAMADAN FAGUDU

Tepatnya dua tahun lalu di bulan Oktober 2022 ide ini tercipta oleh beberapa anak muda kreatif di Desa Fagudu, sebagai respons terhadap keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak dan melihat adanya penurunan minat ibadah selama bulan suci Ramadhan, Pemuda desa Fagudu telah mengambil inisiatif untuk mengubah dinamika bulan Ramadhan. Sebuah langkah yang diambil dengan penuh kesadaran akan tanggung jawab sosial mereka dalam mempertahankan nilai-nilai agama dan kebersamaan.

Kampung Ramadhan 1445 H/2024 M. ( Photo : Rahman )

Dikisahkan oleh Irawan Duwila, salah satu pendiri dan desain kampung Ramadhan Fagudu bahwa awalnya setelah adanya kegiatan maulid besar nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh Taman Pengajian Al-Qahar di desa Fagudu tepatnya di lokasi kampung Ramadhan sekarang berlangsung, oleh teman-teman kita sering duduk dan bertukar pikiran kira-kira kalau Ramadhan ini bagusnya kegiatan apa yang dibuat, tepatnya di depan Block Gravity desa Fagudu bersama, Gajali, Slamet Gailea, Ikbal, Nusa Indra, Sahrul, dan Kikin berbagai pertimbangan dipikirkan dengan berbagai macam kegiatan yang ditawarkan. Akhirnya melihat potensi banyaknya ibu-ibu penjual kue dari desa Fagudu sehingga munculah ide untuk dibuatlah satu kawasan yang tertata rapi dengan konsep yang bagus dan bersih munculah ide kegiatan Kampung Ramadhan. Satu kegiatan yang dapat membangun brand atau nama yang dapat melekat terhadap desa Fagudu jika dilaksanakan sebab belum ada yang pernah melaksanakan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Kuda-kuda Pembangunan Gapura Masjid Raya Sanana Ganggu Jemaah Yang Lewat

Kampung Ramadhan akan menjadi sebuah kawasan yang dikhususkan untuk merasakan magnet berbeda di Sula pada bulan suci Ramadhan. Di kampung Ramadhan, orang-orang tidak hanya dapat berbelanja takjil dan makanan untuk berbuka, tetapi juga dapat merasakan atmosfer kebersamaan dan silaturahmi yang erat. Di samping itu, berbagai kegiatan Islami seperti kajian, event kreatif bakar nasi jaha, lomba dakwah, muajin juga diselenggarakan untuk memperkuat iman dan taqwa serta kebersamaan umat.
Berkat ide dan konsep tadi akhirnya diajaklah para pemuda dan pemerintah desa Fagudu berkolaborasi dan bersama-sama menjalankan kegiatan kampung Ramadhan, berbekal jual kue bazaar, nyanyi di taman kota dan dibantu dengan anggaran pemuda dari desa Fagudu selain itu ada juga para donatur yang yakin akan konsep yang dipaparkan kepada mereka akhirnya dapat terkumpul anggaran awal untuk melaksanakan kampong Ramadhan 1 di tahun 2023.

“Kami percaya, sekecil apapun perbuatan baik yang dilakukan dapat membawa manfaat yang besar bagi semua orang,” ujar salah seorang pemuda Desa Fagudu yang terlibat dalam inisiatif ini.

“Kami berharap kampung Ramadhan dapat menjadi wahana yang membawa berkah bagi masyarakat, dan semoga Allah SWT meridhoi usaha kami ini.”

Akhirnya para ibu-ibu UMKM dapat merasakan manfaat yang luar biasa yaitu pada kampong Ramadhan tahun 2023 omset mencapai 6 ratus juta lebih dan dari kampong Ramadhan terlahirnya event lokal yang jadi kebanggaan bagi semua masyarakat kepulauan Sula, yang mendongkrak perekonomian bagi masyarakat dan berbagai kegiatan menarik dan berkualitas di dalamnya tersajikan. Dengan langkah-langkah proaktif ini, Pemuda desa Fagudu membuktikan bahwa kebersamaan dan semangat keagamaan dapat tetap terjaga di tengah arus modernisasi. Semoga inisiatif mereka menjadi inspirasi bagi komunitas lain untuk memperkokoh ikatan sosial dan spiritual di bulan suci Ramadhan.

Baca Juga :  PGRI Dorong Lima Guru Honorer Di Taliabu Jadi ASN

KAMPUNG RAMADAN 2024

Di tahun ini kampung Ramadhan vol II dilaksanakan kembali, berbekal kesuksesan kampung Ramadhan vol 1 maka di tahun ini banyak hal baru yang didesain untuk meningkatkan kesempurnaan kampung Ramadhan 2024. Tahun ini panitia Kampung Ramadhan mengangkat tema resmi, yakni “GREEN CITY AL-FIRDAUS”. Tema ini menandakan komitmen kuat untuk menjadikan desa Fagudu sebagai tempat yang indah dan sempurna dengan model kota peradaban berkelanjutan. Panitia mengutamakan pengelolaan lingkungan demi mengurangi dampak lingkungan negatif.

Green City Al-Firdaus: Mewujudkan Kota Berkelanjutan Kampung Ramadhan desa Fagudu tidak hanya menjadi tempat berlangsungnya ibadah Ramadhan, tetapi juga menjadi wujud nyata dari konsep Green City Al-Firdaus. Dengan model kota berkelanjutan, diharapkan desa Fagudu bisa menjadi contoh inspiratif bagi kawasan sekitarnya. Salah satu fokus utama dalam konsep lingkungan adalah memberdayakan UMKM ibu-ibu di desa ini. Panitia telah merancang berbagai kegiatan pemberdayaan UMKM, yang melibatkan pelatihan dan dukungan untuk meningkatkan kualitas produk dan daya saing pasar.

Event Kegiatan yang Menginspirasi :

Berbagai kegiatan menarik telah disiapkan oleh panitia untuk memeriahkan Kampung Ramadhan Desa Fagudu dengan tema “GREEN CITY AL-FIRDAUS”. Beberapa di antaranya adalah:

Baca Juga :  Strategi Penyusunan Data Kepegawaian dan Pangkat dengan Konsep GESIT: Sebuah Gagasan Inovasi Perubahan

1. Pemberdayaan UMKM Ibu-Ibu        Melalui berbagai pelatihan dan bimbingan, UMKM yang dijalankan oleh para ibu di Desa Fagudu diberikan dukungan agar mampu berkembang dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

2. Kampanye Lingkungan
Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan, panitia menggelar kampanye lingkungan dengan menyertakan edukasi dan aksi nyata.

3. Belanja Sedekah
Mengajak masyarakat untuk berbelanja dengan penuh kebaikan hati. Sebagian hasil belanja akan disumbangkan untuk kegiatan amal di dalam dan sekitar Desa Fagudu.

4. Semarak Lomba Ramadhan
Kegiatan lomba yang menggairahkan semangat Ramadan dengan berbagai perlombaan tradisional dan keagamaan.

5. Bioskop Ramadhan
Menyediakan hiburan keluarga melalui pemutaran film-film bertema Ramadan dan kehidupan berkelanjutan.

6. Pelepasan Lampion Malam Ela Ela
Suasana malam akan diberkahi dengan pelepasan lampion yang indah, menciptakan pemandangan yang mengagumkan dan menginspirasi.

7. 1000 Ketupat Lebaran
Sebuah inisiatif untuk menyebarkan kebahagiaan Ramadan dengan event rebus ketupat bersama dan mendistribusikan 1000 ketupat kepada masyarakat.

8. Bakar Nasi Jaha
Memeriahkan suasana dengan tradisi bakar nasi jaha, menciptakan aroma khas yang menggoda selera.

Mengajak Semua Pihak untuk Berkolaborasi

Panitia Kampung Ramadhan desa Fagudu mengundang semua pihak, baik warga desa maupun masyarakat sekitar, untuk berpartisipasi aktif dalam rangkaian acara ini. Dengan bersama-sama, diharapkan desa Fagudu dapat menjadi teladan nyata dari sebuah Green City Al-Firdaus yang berkelanjutan dan memberdayakan seluruh masyarakatnya. Kampung Ramadhan desa Fagudu 2024 – Mari bersama-sama wujudkan kota yang indah dan berperadaban, yang menghargai lingkungan dan kebersamaan dalam beribadah di bulan suci Ramadhan.

( RL )

spot_img
spot_img

Latest

spot_img