Pemda Ditantang Gelar Mudik Gratis Sula-Mangoli Pakai KMP Sula Bahagia

More articles

spot_img

Malut, Investigasi.newsKurang lebih sudah 3 bulan Air Bus Roro KMP Sula Bahagia terparkir di pelabuhan semut kota Sanana, Kab. Kepulauan Sula.

Meski sekali-kali dipakai untuk kegiatan dan kepentingan Bupati Sula Fifian Adeningsi Mus dan pejabat teras Pemda Kepulauan Sula, namun armada ini belum bisa melayani masyarakat berlayar dari pulau Sulabesi ke pulau Mangoli seperti yang telah direncanakan dari bulan Desember tahun lalu, bahwa akan layani masyarakat menyebrang melalui pelabuhan feri Waikalopa ke Tanjung Botu Mangoli.

“Kalo saya melihat KMP Sula Bahagia hanya menjadi komoditas politik yang dibangun oleh Bupati Ningsi seakan-akan ini menjadi suatu prestasi, padahal faktanya sampai saat ini tidak bisa dinikmati oleh masyarakat Sula”, kata Yustaman Umasugi (25/3).

Pria asal salah satu desa di dataran pulau Mangoli yang aktivitasnya di kota Ternate menambahkan, bahwa KPM. Sula Bahagia dikhawatirkan akan menjadi kendaraan politik untuk memobilisasi kepentingan politik Bupati Ningsi pada tahun Pilkada 2024.

“Sama seperti isu DOB Mangoli Raya, ini hanya untuk kepentingan 2024 agar niat mereka berjalan mulus” kata Yustaman.

Pemuda yang pernah dikatai ‘kakarlak’ (kecoak) oleh Bupati Ningsi ini menantang Pemda Sula untuk menggelar mudik gratis Sula-Mangoli dengan menggunakan KMP Sula Bahagia.

“Kalo memang barang itu untuk masyarakat coba gelar mudik gratis Sula-Mangoli, tentu masyarakat akan bahagia”, tutup Yustaman Umasugi.

Sementara warga dataran pulau Mangoli yang lain, sebelumnya sudah berharap agar KMP Sula Bahagia bisa melayani masyarakat dalam penyebarangan Sula-Mangoli pada lebaran Idul Fitri tahun 1445 H/2024 M.

”Buat apa dianggarkan besar-besar kalo bukan untuk melayani masyarakat”, kata Jamil (pria menikah) asal desa di Kec. Mangoli Utara Timur.

Sayangnya ketika berkali-kali dikonfirmasi menyangkut masalah ini, Caerullah Mahdi Kadishub Pemda Sula tidak bisa berkata-kata, padahal sebelumnya dengan penuh percaya diri selalu mengatakan jika KMP Sula Bahagia yang berbandrol 11 miliar tersebut akan beroperasi di bulan Desember 2023.

( RL )

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img