Iklan bank Jatim

Plt Kepala DP3A DALDUKKB Mura Minta Peserta Ikuti Bimtek Advokasi PUG Dengan Baik

More articles

Puruk Cahu, Investigasi.news – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A DALDUKKB) Murung Raya Lynda Kristiane mengharapkan seluruh peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Advokasi Pelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) pada Lembaga Pemerintah dan Bimbingan Teknis Analisis Gender dan Gender Action Budget (GAB) dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan benar serta menyerap ilmu yang diberikan oleh narasumber.

Adapun yang mengikuti bimbingan teknis tersebut adalah 28 orang Kepala Sub Bagian (Kasubag) dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Murung Raya dan bimbingan teknisnya berlangsung selama tiga hari di Gedung Cahai Ondui Tingang yang dimulai pada Rabu (18/9/2024).

Baca Juga :  Pemkab Mura Gelar Jambore Kader Posyandu 2024

Serta perlu diketahui narasumbernya berasal dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA-RI) Deputi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi yaitu Maftuh Muhadi.

โ€œMelalui bimtek ini saya mengharapkan seluruh peserta bimtek dapat lebih analitis dan responsif dalam menggali isu gender serta manfaat PUG dalam pembangunan daerah, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan dalam pelaksanaan PUG di antara pemangku kepentingan,โ€ kata plt. Kepala DP3A DALDUKKB Murung Raya

Lynda Kristiane juga menyatakan integrasi isu gender dalam berbagai program dan kegiatan yang pada dasarnya dilakukan untuk semakin mengefektifkan pelaksanaan program serta kegiatan sehingga bisa dipastikan baik perempuan dan laki-laki memperoleh manfaat dari program dan kegiatan yang dilaksanakan.

Baca Juga :  Pemkab Mura Lepas Peserta Pawai Ta’aruf MTQ ke X

โ€œUntuk itu saya minta agar seluruh elemenย terkaitย  mulai padaย bagian penyusunan program atau bagian perencanaan di setiap organisasi perangkat daerah mampu menyerap ilmu yang dibagikan selama tiga hari ini,โ€ tuturnya.

Melalui bimtek ini kedepannya para peserta juga diharapkan mampu menyusun kebijakan, program kegiatan dan anggaran yang lebih baik yang responsif gender, kemudian ia juga meminta Focal Point di OPD dan kelompok kerja PUG Kabupaten harus diaktifkan.

โ€œkegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas perempuan dan anak yang merupakan salah satu sasaran pembangunan Kabupaten Murung Raya, sekaligus sebagai upaya mengintegrasikan pengarusutamaan gender serta perlindungan anak pada setiap tahapan dan proses pembangunan,โ€ ucap Lynda.

Baca Juga :  Pertemuan Konsultasi Masyarakat Tahap I Bendungan Muara Joloi 2024

Dan ia menjelaskan bahwa PUG bukan sebuah Program atau Kegiatan melainkan adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan perempuan dan laki-laki untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki mulai dari tahap perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dari seluruh kebijakan, program, kegiatan di berbagai bidang kehidupan pembangunan nasional dan daerah. Zl

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest