NTT  

Asas Manfaat FABA PLTU Ropa Bantu Wujudkan Semangat Kolektivitas Masyarakat

Ende, Investigasi.news – Semangat Kolektivitas dan Gotong Royong Warga Ende Bangun Jalan Lingkungan untuk Kenyamanan Aktivitas dengan Memanfaatkan FABA.

Pemanfaatan FABA (Fly Ash and Bottom Ash) atau limbah sisa pembakaran batu bara di Ende selain untuk membangun rumah dan tempat ibadah kini untuk pembangunan sarana umum. Kenyamanan aktivitas masyarakat kini telah mendorong terwujudnya semangat kolektivitas warga di lingkungan 5, Bhoanawa Kelurahan Rukun Lima Kecamatan Ende Selatan kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur gotong royong membangun jalan lingkungan sepanjang 80 meter dan lebar jalan 4 meter di lokasi tersebut.

Manager PLN UPK Flores,Lambok Siregar ,dalam keterangan pers yang diterima media ini menyampaikan bahwa Kehadiran PLTU Ropa di Ende saat ini tidak hanya memenuhi kebutuhan energi listrik masyarakat, tetapi juga memenuhi kebutuhan lainnya.

“Sejak bulan Juni tahun 2021, Pemanfaatan Faba sudah diperuntukan untuk kebutuhan rumah sederhana sehat layak huni dan kenyamanan aktivitas masyarakat dari pembangunan sarana umum dengan memanfaatkan FABA, seperti pembangunan rumah ibadah, urugan tanah labil pada bulan Mei 2021, PLN khususnya di Ende membangun jalan lingkungan di salah satu lokasi pembangunan jalan lingkungan dengan memanfaatkan FABA sebagai roadbase sebanyak 32 ton dan campuran beton 4 ton dengan mixing 33% dilakukan di Kelurahan Rukun Lima – Bhoanawa. “ucap Lambok

Sementara itu, Romo Dominikus Nong selaku Pastor Paroki gereja St. Donatus Bhoanawa menyampaikan terima kasih banyak atas kepedulian PLN membantu pembangunan jalan lingkungan di Bhoanawa sehingga saat ini lokasi tersebut sudah nyaman bila dilalui dengan kendaraan bermotor maupun pejalan kaki. Dikisahkannya, sebelum lokasi jalan tersebut diperbaiki, bila musim hujan, air tergenang dan berlumpur di lokasi tersebut dan pengguna jalan berpotensi jatuh akibat licin karena kondisi tersebut, sehingga baik pengguna kendaraan bermotor maupun pejalan kaki tidak nyaman melalui lokasi tersebut.

Ditambahkan Romo Domi, dengan adanya wujud bantuan PLN dalam bentuk FABA dan material konstruksi berbasis FABA untuk pembangunan jalan tersebut mendorong terwujudnya kepedulian dan semangat kolektivitas serta gotong royong warga Bhoanawa untuk memperbaiki jalan tersebut demi kenyamanan bersama dalam memanfaatkan sarana umum yang ada. Semoga kehadiran PLN terus memberi manfaat dalam mendukung pembangunan selain menghadirkan energi listrik untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik, ucap Romo Domi. K