NTT  

Hadirkan Empat Narsum PT, FKIP Unika Ruteng Menghelat Semnas Di Akhir Pekan

Manggarai, investigasi.news – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng akan menghelat seminar nasional (semnas), Sabtu (07/05/2022).

Dalam rencananya, Semnas akan berlangsung secara daring dengan menghadirkan empat narasumber yang berasal dari empat Perguruan Tinggi(PT)berbeda. Keempat narasumber tersebut, tiga di antaranya berasal dari perguruan tinggi dari luar, yakni Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Ganesa Bali, dan Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Maumere. Sementara satu narasumber lainnya merupakan narasumber internal.

Semnas kali ini akan mengangkat tema, “Pendidikan Pasca Covid-19”. Menurut Ketua Panitia Semnas, Dr. Erna Niman, M.Pd., tema ini diangkat karena sangat kontekstual untuk situasi saat ini. “Tak dapat dipungkiri, dunia pendidikan sedang beranjak meninggalkan fase ganasnya gempuran pandemi covid yang telah membabakbelurkan wajah pendidikan selama kurang lebih dua tahun. Ada keguncangan di wilayah pembelajaran, ada fenomena learning lose, kemunduran nilai karakter, dan sejumlah situasi miris lainnya. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika event Semnas dengan tema sedemikian aktual itu dilewatkan oleh stakeholder pendidikan”, katanya.

“Inilah saatnya bagi para pencinta pendidikan untuk menimba kekayaan perspektif pandangan tentang pendidikan setelah banyak idealisme tentangnya meluntur karena gempuran covid”, imbuhnya.

Semnas yang akan digelar itu selain sebagai realisasi program fakultas, juga sebenarnya menjadi momen strategis untuk memaknai Hari Pendidikan Nasional yang baru saja berlalu. Sebagai persoalan kalenderium, tanggal 2 Mei memang sudah lewat, tetapi refeleksi tentang pendidikan di dalamnya tidak dapat dikekang ruang dan waktu.

Tampak pada hari-hari ini, panitia Semnas sibuk menyiapkan event penting itu. Sejumlah rapat persiapan telah dilakukan untuk memastikan terselenggaranya Semnas. Komunikasi dengan para narasumber intens dilakukan. Flayer yang berisi informasi pokok tentang seminar telah diedarkan secara on line ke ruang publik. Panitia pun akan mengadakan gladi bersih sehari sebelum hari pelaksanaan Semnas itu.
K