NTT  

Memperingati hari Bumi, PLN bersama DLH Kabupaten Sikka Melakukan Penanaman Pohon

KUPANG, investigasi.news – PLN bersama DLH Sikka dan warga desa Koting C tanam 1.000 anakan pohon yang berfungsi menjaga ketersediaan air tanah, pada Jumat (29/4/2022).

Dalam rilis yang diterima media ini, Pemerintah Kecamatan Koting melalui camat Yohanes Implisius , menyampaikan syukur kepada Tuhan atas terselenggaranya kegiatan penanaman pohon yang diprakarsai oleh PLN UPK Flores dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka.

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di dusun Diller desa Koting C merupakan wujud kepedulian kita semua dalam menjaga kelestarian lingkungan, khusunya menjaga ketersediaan air tanah, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air di tiga desa yakni desa Nele, Lela dan Koting serta wilayah sekitar, terangnya.

Ditambahkan Yohanes, momentum hari ini bagi kami adalah hal yang luar biasa, sudah menginspirasi kami, dan kami akan melakukan hal sama bersama masyarakat di sini pada tahun ini. Kami akan menjaga dan merawat tanaman yang kita tanam hari ini maupun yang akan kami lakukan sehingga kelestarian lingkungan khususnya ketersediaan air tanah tetap ada dan memberi manfaat bagi kehidupan kita semua, tutur Yohanes.

Selain itu, Silvester Saka selaku Kadis DLH Sikka menyampaikan terima kasih kepada PLN yang sudah membantu, peduli, dan memperhatikan lingkungan dengan kegiatan hari ini. Berbicara tentang air, maka berbicara tentang kehidupan. Kalau tidak ada air maka tidak ada kehidupan, karena itu ketersediaan air sangat penting. Penanaman pohon yang dilakukan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga ketersediaan air, tetapi juga bermanfaat untuk kehidupan ekonomi masyarakat, dimana lokasi penanaman pohon juga dapat dikelola menjadi tempat wisata, terangnya.

Lanjutnya, kegiatan yang dilakukan hari ini bukan untuk kita tetapi untuk anak cucu yang akan menikmati hasil dari kegiatan hari ini. Oleh karena itu saya mengajak masyarakat di sekitar sini untuk merawat dan menjaga anakan yang ditanam hari ini sehingga bertumbuh dan menyimpan air sehingga ketersediaan air tetap ada, dan anak cucu dapat menikmati manfaat dari kegiatan hari ini, ungkap Silvester.

Sementara itu, Lambok Siregar selaku Manager PLN UPK Flores menyampaikan terima kasih kepada DLH Kabupaten Sikka dan Camat Koting atas sinergi yang luar biasa ini, semoga menjadi contoh sinergi untuk kebaikan melalui kegiatan mulia hari ini. Kegiatan hari ini merupakan bagian dari program-program perusahaan bagaimana bersama komponen masyarakat yang ada turut mengambil bagian dalam melestarikan lingkungan hidup, karena tanpa kelestarian lingkungan, PLN tidak bisa berbuat banyak dan tidak bisa bertahan jika lingkungan rusak. Semoga sinergi ini dapat dipertahankan dan memberi hasil yang baik dan menjadi warisan yang baik untuk anak cucu. Kami juga akan memantau progress pelaksanaan kegiatan ini, semoga berhasil, berdampak kepada masyarakat sehingga memberikan manfaat kebaikan untuk kita semua”. ucapnya.

Penanaman 1.000 anakan pohon yang berfungsi menyimpan air tanah terdiri dari anakan beringin, trembesi, ara dan pala. “Terima kasih atas dukungan dan partisipasi warga bersama apparat pemerintah yang ada, semoga kegiatan seperti ini bisa berlanjut di waktu-waktu yang akan datang, terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman 1.000 anakan pohon antara lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka bersama jajarannya, Camat Koting, Penjabat Kepala Desa Koting C, Babinsa, dan masyarakat dusun Diller.
K