NTT  

Perkuat Kapasitas Publikasi Dosen Pada Jurnal Bereputasi, FKIP Unika Ruteng Adakan Workshop

Ruteng, investigasi.news – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menyelenggarakan Workshop Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah pada Jurnal Internasional Bereputasi, selama dua hari ke depan.

Workshop yang dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng ini menghadirkan Dr. Lili Yulyadi, B.Irk., B.Hsc., M.Hsc, Editor Journal of ASEAN Studies Hubungan Internasional Binus University sebagai narasumber, pada Jumat(13/5/2022).

Dekan FKIP Unika Santu Paulus Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si., dalam keterangan tertulisnya menyatakan latar belakang diselenggarakannya kegiatan workshop ini.

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kesadaran bahwa publikasi karya ilmiah pada jurnal bereputasi adalah keharusan bagi seorang dosen PT sebagai bagian dari proses produksi pengetahuan, reproduksi pengetahuan, dan aplikasi pengetahuan.

Untuk mencapai tuntutan ini, dosen perlu mengembangkan diri dan kapasitasnya dalam berbagai elemen untuk publikasi, termasuk melalui kegiatan workshop seperti ini,” katanya.

Dr. Maks menambahkan bahwa melalui kegiatan workshop ini diharapkan para dosen FKIP Unika Santu Paulus Ruteng mendapatkan pengetahuan dan keterampilan komparatif dari narasumber selaku pengelola jurnal bereputasi nasional dan internasional.

“Melalui kegiatan yang menghadirkan Editor salah satu jurnal Q1 dari Bina Nusantara University ini, para dosen di lingkup FKIP Unika juga akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan komparatif dari para pengelolah jurnal internasional bereputasi agar kemampuan mereka dapat terdongkrak dengan cepat dan konsisten,” terangnya.

Senada dengan Dr. Maks, Ketua Pelaksana Kegiatan Worshop, Dr. Hendrikus Midun, M.Pd. menjelaskan beberapa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Kegiatan workshop pendampingan penulisan artikel jurnal internasional bereputasi bertujuan memperdalam pengetahuan dosen tentang karakter artikel yang bisa diterima dan dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks.” katanya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Dr. Hendrik, para dosen FKIP Unika Santu Paulus Ruteng diharapkan mendapatkan input berkualitas dari narasumber yang berpengalaman mengelola jurnal internasional bereputasi atau terindeks Scopus. Dengan demikian, output kegiatan ini adalah semakin banyak dosen yang berhasil mempublikasikan tulisan mereka pada jurnal internasional bereputasi.

Pada bagian akhir pernyataannya, Alumni Program Doktoral Universitas Negeri Malang itu memberikan gambaran kegiatan workshop selama dua hari ini.

“Pada hari pertama para peserta dibekali dengan pengetahuan dan pengalaman narasumber strategi menulis dan publikasi artikel pada jurnal internasional bereputasi, termasuk alasan kegagalan dalam mempublikasikan manuskrip pada jurnal internasional bereputasi. Hari kedua, para dosen akan mengikuti semacam clinic writing melalui review manuskrip para dosen. Melalui kegiatan ini para dosen mendapat masukan praktis bagaimana melihat keunggulan dan kelemahan manuskrip yang dimiliki sebelum dikirim/submit ke jurnal,” tuturnya.

Kegiatan yang akan berlangsung dari pagi hingga sore hari ini diikuti 30-an dosen dari 6 program studi (prodi) pada lingkup FKIP Unika Santu Paulus Ruteng. K