UNIKA Ruteng Mengadakan Seminar Bertema ‘Pancasila, Pilar Kokoh Menuju Indonesia Maju’

More articles

spot_img

NTT, Investigasi.newsBadan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik (Unika) St. Paulus Ruteng, Kabupaten Manggarai, menggelar seminar dengan tema “Pancasila, Pilar Kokoh Menuju Indonesia Maju”. Acara yang digelar di Aula Rosmalen lantai 4 Kampus UNIKA St. Paulus Ruteng ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta, terdiri dari mahasiswa dan Pemateri, Rabu (19/6/2024).

Seminar yang dimulai pukul 07.30 WITA ini dibuka secara resmi oleh Ketua BEM FKIP Unika St. Paulus Ruteng, oleh Florentinus Armando. Dalam sambutannya, dia menyampaikan pentingnya memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila sebagai landasan utama dalam membangun Indonesia yang maju dan berdaulat.

Para peserta seminar mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan beberapa narasumber, antara lain Dr.M. Mantovany Tapung.S.Fil.,M.Pd dosen UNIKA St. Paulus Ruteng yang membahas tentang ancaman Transionalisme terhadap kekokohan Pancasila. Ibu Eufrasia Jeramat, M.Pd. juga turut menyampaikan tentang Generasi muda berkarakter pancasila, menuju Indonesia emas. Sementara itu Magdalena V.A Rahmat berbicara tentang Penerapan nilai-nilai pancasila di tahun 45 untuk generasi emas.

Baca Juga :  Wali Kota Kupang Pastikan Turnamen Catur Akan Berlanjut Setiap Tahun

Seminar ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya dan berbagi pandangan mengenai bagaimana Pancasila dapat menjadi panduan dalam mengatasi tantangan zaman modern serta meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Panitia Pelaksana, Flortinus Armando, menyatakan harapannya bahwa seminar ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada semua peserta mengenai betapa pentingnya Pancasila sebagai landasan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia.

Seminar yang berlangsung selama satu hari ini ditutup dengan kesan positif dari peserta yang mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah konkret dalam memperkuat kesadaran akan nilai-nilai Pancasila sebagai pilar utama dalam membangun Indonesia maju.

( S. Temilaga )

spot_img
spot_img

Latest

spot_img