Dinkes Pulpis Laksanakan Evaluasi Jejaring Skrining Layak Hamil

More articles

spot_img

Pulang Pisau, Investigasi.news – Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Laksanakan Pembentukan Evaluasi Jejaring Skrining Layak Hamil tingkat kabupaten Pulang Pisau tahun 2023 di aula dinas kesehatan, jum’at (18 /8/2023).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Kepala Puskesmas, sekabupaten ini diharapkan dapat disosialisaikan ke seluruh masyarakat Pulang Pisau.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Dokter Pande Putu Gina melalui Kabid Kesmas. H. Yani mengatakan Bahwa ” hari ini kita telah melaksanakan Pembentukan dan evaluasi Jejaring skrining layak hamil yang mana kegiatan ini sasaran yang adalah masyarakat yang akan melakukan pernikahan”.

Lanjutnya”skrining layak hamil adalah salah satu langkah untuk penurunan angka stunting dengan harapan setelah kegiatan ini seluruh puskesmas dapat menindak lanjuti program yang sudah kita bahas hari ini.

Baca Juga :  Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau Laksanakan Pemeliharaan Rutin di Ray 3

Jadi hari ini kita instruksikan kepada seluruh puskesmas untuk melakukan MUo
Kepada seluruh KUA yang ada di kecamatan masing-masing untuk melaksanakan program yang kita bahas hari ini.

“Hari ini dinkes juga sudah menekan Muo dengan pihak kemenag untuk untuk bisa membantu kita dalam skrining ini nantinya”, jelas h yani sapaan akrabnya.

Jadi sebelum warga mau menikah dari pihak kemenag dengan Dinkes akan melakukan skrining apakah warga tersebut sudah layak hamil atau belum, terkait pernikahan akan tetap berjalan akan tetapi terkait dengan kehamilannya yang harus di pantau.

Kita juga memiliki aplikasi yang namanya kescaten(kesehatan calon penganten) jadi bagi calon yang mau menikah kita harapkan bisa mengisi aplikasi tersebut dahulu, setelah itu mendaftar ke KUA dan memeriksakan kesehatan di Nakes terdekat.

Baca Juga :  DBD Meningkat, Puskesmas Jabiren Lakukan Sosialisasi Bahayanya Di Desa Henda

Tujuannya kescaten tadi supaya masyarakat yang dikategorikan layak hamil atau tidak, kita lakukan skrining supaya dapat memilah milah yang layak atau tidak hamil jika belum maka sebisa mungkin untuk menunda kehamilan nya.

Kenapa kita melakukan ini sebab ingin mengurangi angka kematian ibu, dan anak dan tidak muncul stunting baru yang ini saja kita sudah repot”, tutupnya.

Zulmi

spot_img
spot_img

Latest

spot_img