Lokmin Puskesmas Maliku Kedepankan Posyandu Terintegritas

More articles

spot_img

Pulang pisau, Investigasi.news – Puskesmas Maliku laksanakan Lokmin lintas sektor di aula Puskesmas Maliku Kamis,16/3/2023, Lokmin lintas sektor kali ini bermaksud untuk membahas beberapa permasalahan yang harus dipecahkan bersama sehingga dapat diselesaikan dengan cepat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Maliku Bapak Sutikno SKM saat diwawancarai wartawan media ini dan dihari yang sama, Beliau menyampaikan “saat ini posyandu yang ada di kecamatan maliku hampir semua sudah terintegrasi, mau itu terintegrasi dengan Paud,posyandu Lansia, Posyandu PTM.

Untuk posyandu bayi balita sendiri yang sudah terintegrasi dengan PAUD dan BKB yang sudah berjalan dengan baik baru desa sidodadi dan akan merambah ke desa-desa lainya dengan harapan bisa menjadi Posyandu aktif.

Lanjutnya”untuk kegiatan Loka karya mini lintas sektor sendiri di Tahun ini Puskesmas Maliku akan melaksanakan Lokmin 4 kali yang mana ini kegiatan pertama kita di wilayah maliku dimana Pembahasannya yang Paling menonjol adalah tentang Posyandu, stunting, ODGJ dan jamban sehat”.

Terkait ODGJ Yang disampaikan oleh Kapolsek Maliku tadi akan kita bahas bersama karena yang namanya lintas sektor akan saling bahu membahu dengan harapan bisa saling mendukung masing-masing sektor.

Sedangkan Sosialisasi posyandu akan terus kita aktifkan sehingga dengan begitu bisa menciptakan rasa kesadaran masyarakat akan pentingnya memeriksakan diri di Posyandu terutama pada usia Lanjut, Balita, ibu hamil, remaja supaya bisa laksanakan pencegahan dini ketika menemukan hal yang berisiko pada kesehatan.

Harapannya supaya Lokmin lintas sektor ini mempunyai peran bantu dalam hal-hal program kesehatan sehingga dapat berjalan dengan maksimal akan tetapi peran masyarakat sangat diperlukan karena dengan kesadaran datang ke Puskesmas akan dapat melakukan pencegahan dini.

Dengan begitu peran masyarakat lebih besar sehingga dengan berbondong-bondong hadir di kegiatan posyandu seperti kelas Bumil,posyandu Balita pelayanannya, pelayanan yang dominan pada kelas bayi balita.

banyak juga yang lainnya seperti pelayanan ibu hamil imunisasi, gizi, KB Diare ditambah lagi stunting belum lagi penyuluhan-penyuluhan lainnya.

Dengan harapan ketika warga berbondong-bondong datang ke posyandu dapat melakukan pendeteksian dini dan program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan maksimal.

Kalau pelaksanaan program kegiatan berjalan dengan baik maka kita akan menuju posyandu aktif, posyandu aktif tidak mesti harus buka tiap bulan atau tiap tahun bisa saja tiap hari.

Jadi kita harus sosialisasi secara kontinyu untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya datang ke posyandu ketika kita berhenti sosialisasi mereka juga akan ikut berhenti maka dari itu peran lokmin lintas sektor ini sangat mendukung”, tutupnya. Zulmi

spot_img

Latest

spot_img