Wakili Bupati, Asisten II Buka Sosialisasi Keberadaan dan Pengamanan Sarana Palapa Ring Tengah

More articles

spot_img

Pulau Taliabu, Investigasi.News – Bupati Pulau Taliabu (Pultab) Maluku Utara (Malut) Aliong Mus, yang diwakilkan Asisten II Ma’ruf, S.E, membuka acara sosialisasi keberadaan dan pengamanan sarana dan prasarana Palapa Ring Tengah.

Kegiatan Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bersama PT LEN Telekomunikasi Indonesia ini, bertempat di Aula Eks Kantor Bupati, Sabtu (18/3/2023).

Dalam agenda tersebut dilakukan pemberian plakat penghargaan oleh Direktur Bisnis dan Operasi LTI, Dirgantara Putra kepada bupati.

“Selain itu ada penyerahan sumbangan CSR dari PT LEN Telekomunikasi Indonesia, berupa peralatan sekolah kepada SD Inpres Bobong,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Husain Adam.

Pada kesempatan itu Direktur Bisnis dan Oprasional LTI, Dirgantara Putra, menuturkan terima kasih kepada Bupati Pulau Taliabu bersama jajaran atas sambutan boleh menerima serta memfasilitasi kegiatan sosialisasi ini.

Bupati
Foto bersama usai acara sosialisasi keberadaan dan pengamanan sarana dan prasarana Palapa Ring Tengah. (Foto: Y.Tabaika)

“Jaringan palapa ring tengah yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu, mempunyai jaringan berupa kabel optik bawah laut kemudian ada terminal session di Bobong, ini sudah beroperasi selama hampir 5 Tahun,” jelas dia.

Lanjut dia, proyek Palapa Ring Tengah merupakan proyek strategis nasional kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha dalam hal ini Bakti Kominfo dengan PT LEN  Telekomunikasi Indonesia.

“Sistim komunikasi kabel bawah laut merupakan daya guna, nilai guna terutama infrastruktur dalam ekosistem telekomunikasi dan informatika yang tetap terjaga dan pelihara sebagai tanggungjawab bersama,” ujarnya.

“Dalam pengoperasian sering mendapat kendala gangguan yang timbul sehingga mengakibatkan putusnya kabel bahwa laut diakibatkan gempa bumi, jangkar dari rumpon, sehingga diharapkan bagi masyarakat pemilik rumpon untuk menjaga bersama aktifitas rumpon ini di jalur kabel optik ini,” katanya lagi.

Kegiatan ini dihadiri Forkopimda, rombongan perwakilan PT LEN Telekomunikasi Indonesia, Kepala Perangkat Daerah, Para Camat beserta Kepala Desa terkait, dan masyarakat pemilik rumpon.

( Y.Tabaika )

spot_img

Latest

spot_img