Peringati Hari Nelayan ke-63, Pemerintah Kabupaten Sukabumi Gelar Budaya Palabuhanratu

More articles

spot_img
Sukabumi, Investigasi.News – Dalam memperingati Hari Nelayan yang ke-63 Pemerintah Kabupaten Sukabumi Hadir bersama masyarakat Palabuhanratu untuk memeriahkan acara hari nelayan ke-63 Tahun, di Pasar Ikan Palabuanratu Kabupaten Sukabumi.

Dalam kegiatan acara tersebut diawali dengan seni tradisional dan lengser ikut berpartisipasi memeriahkan gelar budaya, (21 Mei 2023).

Dalam konferensi Pers Ketua pelaksanaan acara, Sep Radi Priadika mengatakan, peringatan hari nelayan Palabuhanratu ke-63 tahun merupakan satu diantara 110 Karisma Event Nusantara Tahun 2023. Dimana event unggulan yang telah diakurasi dengan ketat dari 291 event usulan mentri dinas pariwisata se-indonesia menjadi 110 event unggulan yang akan diluncurkan oleh Kemenparekraf dengan sebutan Karisma Event Nusantara.

Perlu kami sampaikan kepada stakeholder pemerintahan Kabupaten Sukabumi terkait dapat memberikan dukungan agar meningkatnya kualitas event ini Hari Nelayan ini menjadi daya tarik wisatawan Kabupaten Sukabumi, ucapnya.

Dikesempatan tersebut ketua panitia juga menjelaskan, bagaimana mempersiapkan pelaksanaan syukuran hari nelayan ini dengan kolaborasi dengan berbagai unsur pemerintah daerah terkait agar dapat menyukseskan dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk bisa mengagungkan daya tarik pariwisata dan para nelayan.

Kami memiliki komitmen untuk memelihara dan melanjutkan tradisi leluhur yang harus di pertahankan dan dijaga sesuai adat yang turun temurun dan memang itu harus di jaga sebagai icon seni budaya agar bisa menarik wisatawan dan menjadi budaya yang perlu di pertahankan.

Dijelaskan ketua Panitia yang dimana biasanya Acara Hari nelayan ini yang seharusnya di laksanakan setiap tanggal 6 April tetapi kali ini hari nelayan dilakukan pada tanggal 21 mei 2023, yang dilaksanakan di dermaga satu PPNP Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

Ketua Panitia Hari Nelayan Sep Radi Priadika mengatakan, ”kali ini kita sudah melaksanakan hari nelayan inti yang dilaksanakan pada tanggal 21 mei 2023. Tetapi kegiatan ini sudah berlangsung dari bulan maret tentunya hal pertama pemilihan Putri Nelayan selanjutnya kita sudah melakukan istigosah lalu kita ada perlombaan voli, bulu tangkis di tanggal 1 mei lalu mancing babalang tradisional dan ada lomba hias perahu”.

hari nelayan ini di hadiri Bupati, Kemenpar, Sekdev, Kapolres kab Sukabumi ketua dpc HNSI kab. sukabumi Dpd HNSI Sekabupaten jawa barat. Tentunya, alhamdulilah acara ini berlangsung secara lancar pengunjung yang di rencanakan kurang lebih 10ribu tapi ternyata lebih dari 30 ribu yang datang menyaksikan kegiatan hari nelayan ini.

Alhamdulilah Masyarakatvsangat antusias untuk kegiatan ini dan berjalan dengan lancar, tentunya tadi ada penampilan upacara adat di ikuti 130 penari dari sanggar Parawesti yang bergabung di kegiatan kita,lalu kita ada labuh saji iring iringan kapal kurang lebih sekitar 120 perahu tradisional yang mengikuti kegiatan labuh saji ini. Tentunya kegiatan ini membutuhkan waktu yang luar biasa Panjang dengan pendekatan para tokoh juga harus dilakukan.

Tadi malam kita sudah melaksanakan konser band Goliath dan Alhamdulillah antusias masyarakat kurang lebih 20 ribu pengunjung  yang datang tadi malam dan hari ini alhamdulillah kita sudah melaksanakan kegiatan inti yaitu hari nelayan ke 63”, ungkapnya.

Saya sudah komunikasi dengan Bupati Sukabumi, insya allah di tahun depan kita akan berkomunikasi lebih jauh lagi dengan perusahaan perusahaan yang memang untuk mengadakan stan tekhnologi tempat gudang untuk para nelayan tentunya, seperti apa yang tadi dibicarakan pak Bupati dimana nelayan ini bisa tahu dimana plankton plankton ikan atau titik berkumpulnya ikan insya allah ini akan menjadi evolusi kita kedepannya,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menuturkan, event syukuran hari nelayan yang telah ditetapkan oleh Kemenparekraf masuk pada 110 Karisma Event Nusantara Tahun 2023 dan merupakan satu semangat untuk masyarakat Kab. Sukabumi untuk dapat terus meningkat. Syaefulloh

spot_img

Latest

spot_img