Masyarakat Pertanyakan Dana Desa Koto Sekilan Ambai Kerinci

More articles

spot_img

Sungai Penuh, Investigasi.news – Dana Desa (DD) yang telah diprogramkan serta dikucurkan oleh pemerintah pusat bertujuan
untuk kesejahteraan masyarakat. Namun sayangnya, Dana Desa Koto Sekilan Ambai Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi malah tak ada kejelasan.

Terhitung sejak tahun 2021 s/d 2022 masyarakat mempertanyakan ujung pangkal DD di Desa Koto Sekilan Ambai. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena diduga hanya dilaksanakan kegiatan BUMDES bersama tiga desa lainnya yaitu: Desa Ambai bawah, Desa Ambai Atas serta Desa Koto Sekilan Ambai, meskipun demikian ada lagi BUMDES khusus Desa Koto Sekilan Ambai yang dikelola kepala desa sendiri.

Semestinya, kegiatan pengelolaan seharusnya melibatkan kepengurusan BUMDES dan bisa di perjelas anggaran yang masuk ataupun yang keluar. Kemudian untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga dipertanyakan,
berapa jumlah penerima BLT sejak anggaran tahun 2021-2022, serta sejauh mana keterlibatan bendahara dalam menjalankan fungsi selaku bendahara. Apalagi adanya dugaaan kades Koto Sekilan Ambai Boy Dores banyak membuat SPJ fiktif.

Ketua LSM GMPKN Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi Yusuf Basri menceritakan ke awak media ini, jumat (10/02/2023) bahwa dirinya sudah konfirmasi ke kades langsung melalui WhatsApp, ternyata WhatsApp sudah dibaca namun tidak dijawabnya”, terangnya.

Untuk itu diminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) untuk mengusut kasus dugaan penyelewengan dan Pengelolaan Dana Desa Koto Sekilan Ambai pada tahun anggaran 2021 / 2022, serta diminta kepada Inspektorat Kabupaten Kerinci agar Usut Tuntas serta Audit semaksimal mungkin kegiatan serta aliran dana yang keluar beserta Bumdesnya. Hal ini yang bertanggung jawab penuh keuangan Desa adalah Kades Boy Dores”, tegas Yusuf Basri. ( Kamra )

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img