Lomba Administrasi PKK, Posyandu, dan K3W Meriahkan HUT Tubaba

More articles

spot_img

Tubaba, Investigasi.news – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Ketua Dekranasda Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba), Dra. Hanita Fahrial Firsada, M.Si, menghadiri acara Penilaian Lomba Administrasi PKK, Posyandu, dan K3W (Kandang, Kebun, Kolam, dan Wisata) di Aula Kecamatan Tulang Bawang Udik, Rabu (29/5/2024).

Lomba ini diadakan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun ke-15 Kabupaten Tulang Bawang Barat. Evaluasi dilakukan oleh Tim Penilai Kabupaten di sembilan kecamatan di Tubaba untuk menilai administrasi dan sinergi antara PKK kecamatan dan PKK Tiyuh/Kelurahan.

Dalam sambutannya, Hanita menekankan bahwa penilaian ini lebih fokus pada pembinaan dan sinergi antar PKK. “Penilaian ini sebenarnya lebih ke pembinaan, bagaimana program PKK yang ada di kecamatan dan tiuh dijalankan secara sinergis antara Ketua Penggerak PKK Kecamatan dengan Penggerak PKK Tiyuh/Kelurahan dan anggotanya. Secara bersama-sama, tidak hanya dilakukan sendiri oleh Ibu camat atau Ibu Keppalo Tiyuh,” ujar Hanita.

Baca Juga :  Diduga Abaikan Surat Edaran LKPP, Dua Paket Proyek PUPR Tubaba Terindikasi Kebocoran Anggaran

Hanita juga menyebutkan bahwa Tim Penilai telah memantau K3W di Tiyuh Gading Kencana, yang telah lama dijalankan oleh PKK Gading Kencana dengan memanfaatkan halaman rumah untuk menanam sayuran. “Yang kita harapkan dari K3W ini lebih kepada pemberdayaan, bagaimana PKK Tiyuh juga bisa memanfaatkan hasil kebun di pekarangan warga untuk mencegah stunting, dengan diberikan kepada Balita yang ada di Tiyuh setempat,” tambahnya.

Lomba Administrasi PKK, Posyandu, dan K3W ini bertujuan untuk membina dan mengevaluasi pelaksanaan serta inovasi dalam pencapaian 10 Program PKK di kecamatan, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan kesejahteraan keluarga.

Ketua Penggerak PKK Kecamatan Tulang Bawang Udik, Umi Kalsum, menambahkan bahwa dari 13 Tiyuh yang ada di kecamatan tersebut, semuanya memiliki K3W. Namun, untuk penilaian ini, dipilih Tiyuh Gading Kencana karena warga di sana sudah lama berkebun di pekarangan rumah mereka. “Kami pilih Tiyuh Gading Kencana sebagai obyek penilaian karena warga Gading Kencana sudah sejak lama berkebun di pekarangannya, bukan karena setelah adanya program K3W,” jelas Umi Kalsum.

Baca Juga :  Inspektorat Dalami Dugaan Mark Up Paket Pengadaan Barang dan Jasa di Sekretariat Daerah Tubaba Tahun 2023

Selain itu, Umi Kalsum juga menyebutkan bahwa 13 Tiyuh di Kecamatan Tulang Bawang Udik telah memiliki UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Namun, hanya empat Tiyuh yang diikutsertakan dalam penilaian, yaitu Gedong Ratu, Kagungan Ratu, Ratu Agung, dan Tiyuh Marga Kencana.

Acara ini diharapkan dapat mendorong PKK di seluruh kecamatan dan Tiyuh untuk terus berinovasi dan bekerja sama dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Fitrah

spot_img
spot_img

Latest

spot_img