Empat Kuda Tapanuli Utara Sumut Berpacu di Kejuaraan Pabasko di Padang Panjang

Padang Panjang, Investigasi.news – Sebanyak empat kuda Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatera Utara (Sumut) mengikuti Kejuaraan Pacuan Kuda Alek Anak Nagari Padang Panjang, Batipuah, X Koto (Pabasko) di Gelanggang Bancah Laweh, Padang Panjang.

Keempat kuda SSC Parrona Stable yang berpacu, Minggu 26 Juni 2022 mendatang itu adalah Leing Baines, Sea Hubas, Al Qawi dan kuda Sangkep Nggeluh.

Owner SSC Parrona Stable Taput Joko Prabowo menerangkan keempat kuda itu telah mulai berlatih di gelanggang Bancah Laweh dengan bimbingan pelatih pelatih Suranta Sinuhaji

“ semoga keempat kuda ini tetap dalam kondisi terbaik dan dapat berprestasi dikelas pacuannya. Dan dapat membawa nama Sumatera Utara dan khususnya Kabupaten Taput “ kata Joko Kamis (23/6/2022)

Pelatih Kuda Pordasi Taput Suranta Sinuhaji menjelaskan berdasarkan hasil drawing oleh dewan steward, Minggu (19/6/2022) lalu, kuda Al Qawi berpacu dikelas AB 2 tahun pemula jarak 1.400 meter, kuda Sea Hubas dikelas E Terbuka jarak 1.200 meter.

“ untuk kuda Sangkep Nggeluh dikelas Terbuka 1.200 meter dan Leing Baines berpacu di kelas CD 3 tahun remaja jarak 1.600 meter” kata Suranta

Dia berharap ketiga kuda dan joki dalam kondisi baik dan siap berpacu dan bersaing dengan kuda – kuda terbaik Sumatera barat dan dapat berprestasi pada kejuaraan itu

Terkait kejuaraan Pabasko, Ketua Pelaksana, Delius Putra menyampaikan, panitia pelaksana baik dari Pordasi Padang Panjang dan Pordasi Sumbar serta dewan steward Minggu (19/6) lalu sudah melakukan pengukuran dan regristasi kuda yang akan berpacu,

“Dari pagi tadi kita sudah melakukan pengukuran dan registrasi kuda sebagai salah satu persyaratan sebelum berpacu. Setelah itu dilanjutkan dengan drawing untuk race yang akan dipertandingkan,” jelasnya.

Dari hasil drawing tersebut, 51 kuda bisa dipastikan berpacu dari 10 race yang diperlombakan. Di antaranya Draf Bogi Baru 2.400 M, Draf Bogi Usang 3.200 M, Kelas E Perdana Pacu 600 M, Kelas CD Perdana 600 M, Kelas AB Perdana 800 M, Kelas CD Pemula 1.200 M, Kelas AB Pemula 1.400 M, Kelas Terbuka 1.200 M, Kelas Remaja 1.600 M, dan Derby 1.800 M. (T.Ab)