41 Mahasiswa dan Guru Honorer Akan Terima Beasiswa Padang Panjang Juara

Padang Panjang, Investigasi.news – Pemerintah Kota kembali berikan beasiswa program Padang Panjang Juara untuk 41 mahasiswa dan guru honorer. Beasiswa ini adalah salah satu program unggulan kepemimpinan Wali Kota, H. Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano dan Wawako, Drs. Asrul.

“Mereka nantinya akan menjalani pendidikan di delapan perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Pemko Padang Panjang,” ungkap Kabag Kesra Setdako, Erwina Agreni, M.Si kepada Kominfo, Senin (29/8).

Erwina menambahkan, program beasiswa yang disediakan Pemko untuk mendukung program Padang Panjang Juara sudah berjalan sejak 2019 lalu.

Disampaikan Erwina, dalam setiap tahapan atau proses untuk beasiswa ini, pihaknya melibatkan tim yang terdiri dari asisten, staf ahli, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Inspektorat, DSPPKBPPPA dan Kesra.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang menjalani pendidikan di perguruan tinggi yang sudah ada MoU dengan Pemko. Dan, diberikan kepada masyarakat Padang Panjang yang tidak mampu secara ekonomi atau yang berprestasi.

“Ini merupakan program beasiswa yang keempat kalinya diberikan Pemko,” ujarnya.

Dikatakannya lagi, beasiswa ini terdiri dari D3, S1 dan S2. Khusus S2 diberikan kepada guru-guru honorer pada satuan pendidikan dasar di Kota Padang Panjang.

Selain itu, untuk tahun depan pihaknya juga telah mengusulkan beasiswa yang sama untuk tahun depan, yang saat ini sedang proses penyusunan RAPBD 2023.

“Informasi lebih lanjut terkait beasiswa bisa didapatkan masyarakat melalui kegiatan Edu Fair pada 2-4 September bertempat di SKB Dinas Pendidikan,” sebutnya.

Adapun perguruan tinggi dan jumlah mahasiswa yang akan diterima untuk 2022 ini adalah Universitas Negeri Padang (UNP) jenjang pendidikan S2 sebanyak empat orang. S2 Universitas Islam Negeri Batusangkar jenjang pendidikan (4 orang), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang S1 (4 orang), S2 (4 orang). D3 Politeknik Negeri Padang (5 orang). S1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (5 orang). S1 STIT Diniyyah Puteri Rahmah Yunusiyyah (5 orang). S1 STES Manna Wa Salwa (5 orang). Serta S1 Akademi Perawat Nabila (5 orang). (@Km/Mc)