OPINI  

Jangan Anggap Sepele, Hutang Itu Wajib Dibayar

Hutang adalah hal yang hukumnya wajib untuk dibayar. Orang-orang yang tidak membayar utang, tentunya akan mendapatkan dosa. Sebab, utang adalah janji yang harus dipenuhi, maka dari itu berdosa bagi mereka yang tidak melunasi utang.

Walaupun kadangkala hutang tersebut tidak banyak, misalnya hanya 2000 rupiah dan terbilang jumlah yang sangat sedikit, akan tetapi disini bukan masalah nominalnya tapi janji dan tanggung jawab yang berhutang.

Yang kita takutkan nantinya, apabila dia tidak ridho kepada Anda jika tidak dibayar, lantas dia akan menuntut dihari kiamat, dengan apa kamu akan bayar hutang itu, memang kamu bawa uang ke Akhirat, begitulah logikanya.

Jadi, Karena Hutang adalah Masalah, rajin berhutang itu adalah Penyakit. Yakinlah efek dari Hutang pun berimbas kepanjangan pada Bisnis anda, Persaudaraan, Persahabatan, Kehidupan dan sampai akhirat yang harus dipertanggung jawabkan.

Disini, sebagai pengingat diri juga, jika saya punya hutang kepada teman-teman di dunia maya maupun nyata, yang tidak saya ingat. Tolong jangan malu-malu meminta haknya, tagih saja, saya akan berusaha melunasinya.

Dan tidak usah malu-malu saya tidak akan marah justru saya malah senang sudah di ingatkan, karena saya tahu itu hutang juga harus di bayar di akhirat kelak.

Terkadang gara-gara hutang kita bisa menghindar dari sahabat yang dulu rajin membantu, rajin memberi, saling berbagi , ternyata setelah punya karena kita tidak sanggup untuk membayarnya kita akan tinggalkan sahabat yang baik itu, ini jahatnya hutang bisa memisahkan kita dengan orang-orang baik.

Sahabatku, saudaraku kunci dari hutang itu kepercayaan, apabila anda telah sering berjanji tidak tepat waktu itu akan merusak hubunganmu dengan saudaramu, bayarlah tepat waktu dan kalau tidak perlu tidak usah berhutang supaya hubunganmu tetap baik.

Apabila berjanji harinya Sabtu, hari jumat kita sudah bayar itu akan menambah kepercayaan si pemberi hutang, kalau terlambat walaupun dua jam itu juga akan mengurangi kepercayaan, beritahu orang dekatmu dimana kamu punya hutang supaya apabila Allah swt memanggilmu untuk pulang bisa orang dekatmu untuk membantu menyelesaikannya..

Banyak sahabat kita yang rusak hubungan silaturrahminya gara-gara hutang , ada gara-gara tidak tepat janji, ada gara-gara tidak bisa meminjam lagi, biasanya yang sering memutuskan silaturrahmi si penghutang bukan si pemberi hutang.

Dalam sebuah hadist dari Abdillah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah SAW bersabda

Artinya: “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali hutang.” (HR Muslim Nomor 1886).

Sahabatku , saya punya pengalaman yang mungkin banyak orang di sekitar saya tahu, ditahun 2012 saya punya usaha, tahu- tahu jatuh bangkrut, usaha itu meninggalkan banyak hutang.

Hampir tiap malam saya berdoa kepada Allah swt, bukan doa untuk bisa usaha lagi ,bukan doa ingin kaya , bukan doa ingin jadi orang sukses, tapi apa doa yang yang saya ucapkan setiap waktu mau shalat maupun habis shalat, “Mudahkan rezeki untuk melunasi semua hutang-hutang, Alhamdulillah semua itu Allah dengar doa saya, hampir semua hutang lunas ada saja rezeki yang tidak terduga-duga datangnya.

Pernah juga waktu itu hp hilang , saya pergi tempat saya punya hutang untuk memberikan nomor saya yang baru, ini untuk menumbuhkan rasa percaya orang yang memberi hutang bahwa saya tidak lari dari hutang.

Sahabatku jadilah kita orang yang tidak lupa dengan hutang,orang yang jujur dalam berhutang semoga segala usahanya akan mendapat berkah dari Allah swt Aamiiin.

Oleh : Hasneril.SE