Terkait Ranperda Ketahanan Keluarga. Komisi IV DPRD Agam Ke DP3APPKB Sumbar

Padang, Investigasi.news – Dalam rangka mendapatkan masukan dan informasi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD, Komisi IV DPRD Agam melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Sumatera Barat. Kamis (1/9/22).

Rombongan Komisi IV dipimpin langsung oleh ketua , Guswardi, Wakil Ketua, AR. Yutinof, Sekretaris, Edwar dt Manjuang Basa serta anggota Komisi IV, Nesi Harmita, Asnidar, Suhermi , Salman Linover, Adrius, Bulqaini, Mardanis turut didampingi dari Sekretariat DPRD Kabag AP, Arnel, S.Pd.MM dan pendamping komisi IV.

Rombongan diterima oleh beberapa Kepala Bidang diantaranya, Kabid Kualitas Hidup Perempuan, Mulyadi,SE.MM, Kabid Pemenuhan Hak anak, Dra. Enceria Damanik, M.Ed.Phd, Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Anak, Rosmadeli, SKM, M.Biomed, dan Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Roza Ariyanti, S.Si.MT.

Berdasarkan pertemuan tersebut, didapatkan informasi bahwa mekanisme pembentukan ranperda inisiatif terkait ketahanan keluarga didapatkan beberapa poin, meliputi; perencanaan, pelaksanaan, Tim pembina ketahanan keluarga daerah, kelompok ketahanan keluarga, koordinasi dan kerjasama, penghargaan, pembinaan pengawasan dan pelaporan serta pembiayaan.

Dalam diskusi tanya jawab, Nesi Harmita anggota Komisi IV menanyakan tentang masalah ketahanan keluarga, diantaranya apa saja kegiatan yang disuport oleh motivator tentang ketahanan keluarga dan apa saja kegiatan yang mensuport masalah perempuan dalam uraian yang di dapat dari Perda Ketahanan Keluarga tersebut.

Mulyadi, menjelaskan kegiatan yang dapat mensuport dan meningkatkan masalah perempuan diantaranya dengan meningkatkan ekonomi perempuan itu sendiri yaitu dengan memberikan pelatihan-pelatihan, baik berupa praktek langsung maupun berupa ilmu. Karena dari itu para motivatorlah yang melaksanakan sosialisasi ke perempuan-perempuan dalam mensuport peningkatan ekonomi perempuan itu sendiri.

Kesimpulan dari pertemuan ini, salah satu tujuan perda ini, yakni meningkatkan ketahanan keluarga, sehingga masyarakat bisa melepaskan diri atau terhindar dari kemiskinan.

Akhir pertemuan, ketua Komisi IV mengucapkan terima kasih atas pertemuan dengan Bapak dan Ibuk di DP3APPKB Yang telah menjelas beberapa poin mengenai permasalah ketahanan keluarga ini. Semoga akan menjadi masukan dan pembanding bagi kami dalam harmonisasi ranperda ketahanan keluarga DPRD Agam ini. “Tutupnya”. Daji