Jelang lebaran, Santri Pondok Pesantren Alquran Darul Inqilabi Lubukbasung Pulang ke Rumah

Hasneril, SE; Jangan Lalaikan Kebiasaan di Pondok

Agam, investigasi.news-Pada momen lebaran 1443 H ini, santri pondok Pesantren Alquran Darul Inqilabi Lubukbasung akan merayakan hari kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa. Rasa bahagia tersirat di wajah para Santi, karena esok akan bertemu dan melepaskan rindu dengan orang tua dan saudara.

Dikatakan Hasneril, SE bahwa, Alhamdulillah anak-anak kita sudah melaksanakan agenda Ramadhan selama 3 minggu ini. Biasanya kegiatan kita pada Jam 03.30 Shalat tahajud berjamaah, Jam 05.30-11.00 Taklim, tahfizh dan shalat dhuha, Tadarrus qur’an ba’da Ashar, Taraweh berjamaah dan tilawah mandiri ba’da taraweh, Malam yang ke 21 dan malam ke 22 melaksanakan I’tikaf terakhir bersama anak-anak”, ucap Hasneril yang biasa di sapa ayah ini Jumat (22/04).

Ditambah Hasneril, bahwa Besok Sabtu (23/04) jam 11 siang, saatnya semua anak-anak pulang ke rumah masing-masing untuk berbakti kepada orang tua. Keberhasilan pendidikan anak-anak kita menjadi generasi beradab yang sholeh dan sholehah tentu menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu kami harapkan kerja sama dengan orang tua untuk memperhatikan hal-hal berikut selama anak-anak di rumah”.

Seperti tetap melakukan kegiatan harian sebagaimana biasanya di pondok terutama bangun pagi dan muraja’ah Al quran. Kami juga meminta kepada ayah dan bunda untuk memberikan Santri kesempatan untuk memimpin shalat tahajud berjamaah di rumah agar memunculkan kepercayaan diri mereka”, paparnya lagi.

Saya yang ditunjuk sebagai pimpinan cabang Pondok Pesantren Alquran Darul Inqilabi Lubukbasung juga berharap, Santri melakukan aktifitas birul walidain dengan berkhidmat kepada orang tua, seperti membantu memasak, mencuci, membersihkan rumah dan sebagainya seperti yang diajarkan di Pondok . Nanti Kita juga akan meminta kegiatan santri selama di rumah silahkan ayah bunda laporkan di grup wali santri untuk berbagi semangat dalam mendidik mereka”, ingat Hasneril yang akrab di sapa Aji.

Pemberian dan pemasangan pin tasmi’ buat masing-masing Santri PADI sebelum pulang. (Foto: Daji)

Perlu Kita syukuri sekecil apapun perubahan anak-anak kita menuju kebaikan, karena menciptakan kebiasaan tentu membutuhkan proses, Semoga Allah memudahkan urusan kita semua dalam mendidik generasi pemimpin yang sholeh dan sholehah.

Kami juga mengucap terima kasih kepada semua ayah dan bunda yang telah berbagi rezeki selama ramadhan dengan pondok kami terutama donasi nasi kotak baik untuk berbuka puasa atau untuk sahur semoga apa yang bunda berikan dinilai ibadah oleh Allah SWT Aamiin.

Kemudian, kegiatan kita malam ini Itikaf terakhir di bulan Ramadhan bagi santri pondok Pesantren Alquran Darul Inqilabi Lubukbasung di Mesjid Alkairah, karena besok mereka akan menemui orang-orang yang mereka cintai dan sayangi, mudah-mudahan selama mereka di rumah nanti mereka bisa menjadi contoh bagi saudara mereka”, harapan Aji.

Selain itu, saya atas nama pribadi minta maaf karena besok tidak bisa melepas anak-anak untuk pulang. Jadi malam ini saya kumpulkan mereka bersama ustad/zah Yanti dan ustad Rahmat dimesjid Alkairah untuk memberi nasehat apa-apa saja nanti yang akan mereka lakukan selama di rumah.

Sekali lagi saya mohon maaf pada semua wali santri karena besok tidak bisa hadir di pondok menerima kedatangan ayah dan bunda untuk menjemput anaknya. Kebetulan besok setelah shalat subuh saya harus ke Padang untuk keperluan dinas. Mudah-mudahan dilain waktu kita bisa bertemu ayah dan bunda kembali, Semoga ibadah Ramadhan kita semua penuh berkah dan berlimpah pahala”, tutup Hasneril. Daji