AGAM  

Kompetisi Mural Bakal Warnai Peringatan 29 Tahun Perpindahan Ibukota Agam

Lubuk Basung, Investigasi.news – Peringatan 29 tahun perpindahan ibukota Agam ke Lubuk Basung diprediksi bakal meriah. Pasalnya, momen tersebut akan diwarnai dengan kompetisi mural bertajuk Lubuak Basuang Mural Art Competition 2022.

Ketua Panitia Lubuak Basuang Mural Art Competition 2022, Muhammad Farhan menyebut kompetisi mural bertemakan Ibu, Ibukotaku Rumahku ini merupakan inisiatif anak muda Lubuk Basung dalam mengisi momentum perpindahan ibukota dengan hal yang positif.

“Jika selama ini kita hanya memahami mural sebagai seni menyatakan kritik terhadap masalah sosial, kini kita akan mencoba memafaatkan seni ini sebagai daya tarik,” ujarnya, Selasa (28/6).

Lebih lanjut disebutkan, kompetisi mural ini bakal dilangsungkan pada 19-20 Juli mendatang. Selasa (28/6) ini pihaknya telah membuka pendaftaran bagi peserta kompetisi.

Peserta yang akan mengikuti kompetisi katanya, akan melewati seleksi seleksi desaian awal sketsa mural pada 16 Juli 2022. Peserta yang lolos seleksi akan diminta melakukan pendaftaran pada 19 Juli 2022.

“Peserta terbuka untuk umum dalam bentuk perorangan atau kelompok. Syarat karya tidak mengandung SARA dan tidak bertentanga dengan norma dan nilai yang berlaku,” terang Farhan.

Kompetisi yang bakal diselenggarakan di sepanjang tembok belakang RSUD Lubuk Basung ini terdiri dari beberapa subtema antara lain RSUD terbaik untuk rang Agam, Lubuak Basuang Rancak, Lubuak Basuang siaga bencana, Lubuak Basuang tertib lalulintas, Lubuk Basuang ramah anak.

Lalu Lubuak Basuang kota pendidikan, Lubuak Basuang berseni, Lubuak Basuang antinarkoba, Lubuak Basuang kota sosial dan Lubuak Basuang gemar menabung.

“Pada iven ini kami mendatangkan juri expert dari kalang akademisi, pelaku seni dan tokoh masyarakat,” sebutnya.

Ditambahkan, Lubuak Basuang Mural Art Competition 2022 diselenggarakan oleh Karang Taruna Kecamatan Lubuk Basung didukung D’Palanos Art dan Komunitas Teras.

Iven rangkaian HUT ibukota ini juga didukung sejumlah instansi pemerintah antara lain RSUD Lubuk Basung, BPBD Agam, Dishub, Satpol PP-Damkar, Dinas PU, Dinsos, DLH, Bank Nagari dan lain-lain.

Selanjutnya Kaba12, Agam Media Center, Investigas.News, Marapipos, IWO Kabupaten Agam dan Serikat Media Siber Indonesia sebagai media partner.

Diketahui kompetisi mural perdana di Lubuk Basung ini bakal memperebutkan total hadiah Rp10 juta ditambah trophy.

“Ayo para pemural Lubuak Basuang Banda Kali, Langsuang Kali! Kami tunggu karya-karya terbaiknya di Lubuk Basung,” ujar Farhan. (Depit)