Lubukbasung Berada Pada Peringkat Atas Penyebaran Covid-19

More articles

spot_img

Lubukbasung, Investigasi.news

Membludaknya covid-19 jelang idul Adha ini, menempatkan Kecamatan Lubukbasung pada peringkat tertinggi dalam kasus terkonfirmasi covid-19. Data yang dilansir Satgas Penanganan Covid-19 Agam kemarin, jumlah warga yang terpapar semakin tinggi.

Bahkan, hingga Rabu ini, tercatat sebanyak 318 orang warga yang harus mendapat penanganan medis, baik diisolasi mandiri, maupun yang dirawat di beberapa rumah sakit rujukan, dari total 1.096 orang warga Agam yang terkonfirmasi positif.

Yang memprihatinkan sepanjang Selasa kemarin, tercatat 3 orang warga Lubukbasung yang meninggal dunia akibat keganasan virus corona itu.

Kondisi ini dikuatirkan masih akan memburuk, pasalnya masih banyak warga yang abai dalam menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, menjaga jarak apalagi rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, apalagi beberapa beberapa hari terakhir, moment warga berkumpul dalam jumlah besar, sangat tinggi.

Kondisi memprihatinkan itu dibenarkan Yosefriawan, plt.Kadinas Kesehatan Agam yang menyebut, kecamatan Lubukbasung menempati posisi tertinggi dalam kasus terkonfirmasi covid-19 saat ini. Bahkan beberapa waktu belakangan, terjadi lonjakan kasus yang cukup luar biasa.

Seperti halnya data Selasa kemarin, dari total 105 warga Agam yang terkonfirmasi positif covid-19, 24 orang berasal dari kecamatan Lubukbasung, “ yang memprihatinkan, 3 warga yang meninggal kemarin, justru seluruhnya berasal dari Lubukbasung, “sebut Yosefriawan.

Asisten II Sekab.Agam itu, berharap masyarakat bersama unsur terkait di kecamatan Lubukbasung melakukan gerakan sporadic dalam upaya membangun kepedulian akan bahaya virus corona termasuk berperan dalam mendorong kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“ Jangan lengah, virus corona masih merajalela. Peran masyarakat menjadi penentu upaya memutus rantai penyebarannya. Selalu taati protokol kesehatan, selalu pakai masker, “ ungkap Yosefriawan.

Sementara pantauan dampak lonjakan kasus terkonfirmasi yang semakin mengganas beberapa pekan terakhir, membuat kompleks ISO Covid-19 RSUD Lubukbasung terus membludak oleh pasien, bahkan 3 kompleks yang disiapkan sudah penuh, bahkan saat ini masih banyak pasien yang antri untuk mendapatkan perawatan medis.

(Daji)

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Latest

spot_img