AGAM  

Pelaku UMKM Asal Agam, Siap Populerkan Palupuh Jadi Sentra Kuliner Olahan Pisang

Agam, Investigasi.news – Kabupaten Agam mempunyai banyak potensi Kekayaan Alam yang bisa dikembangkan untuk penggerak roda ekonomi masyarakat. salah satunya Potensi Unit Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) berupa Olahan makanan yang menjadi Kuliner, seperti Kuliner Olahan Pisang yang dikembangkan Oleh Ibuk Yuliana, Wanita Muda asal Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam.

Perkenalan kami dengan ibuk Yuliana berawal dari kehadiran saya dalam sebuah Even yang dilaksanakan di Palupuh, tepatnya di Nagari Koto rantang.

Saat itu dengan percaya diri Ibuk Yuliana menawarkan Kuliner Olahan Pisang yang telah dikembangkannya menjadi sebuah Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) dengan skala Rumah Tangga.

Beberapa orang mencoba mencicipi kuliner Olahan Pisang yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau,

“Waw, ternyata semua produk makanan hasil Olahan pisang yang ditawarkannya kepada kami, terasa renyah, gurih dan enak, dan klaim ini di juga diaminkan Oleh semua teman saya yang berkesempatan mencicipi Olahan Pisang Ibuk Yuliana.

Karena rasa makanan yang dijual ibuk yuliana maknyus luar biasa. Ada yang tertarik menggali lebih dalam seputar usaha UMKM Olahan Khas Pisang yang dilakoninya,
Karena Saya yakin produk yang dijual ibuk asal Palupuh ini, akan bisa bernilai jual tinggi di Pasaran.

Ibuk Yuliana, 40 Tahun mulai bercerita awal mulanya berjualan dengan tekat membantu ekonomi keluarga, mulailah dia membuat usaha kue basah dan kue kering, namun beberapa bulan dijalani hasilnya belum maksimal dan mendapatkan hasil yang cukup berarti.

Kemudian, dengan modal keterampilan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Agam sekitar satu tahun yang lalu, mulailah ibuk Yuliana memutar otak dengan memulai usaha kuliner Olahan Pisang, Alasan kenapa buah pisang menjadi pilihan adalah karena mempunyai kelebihan dibanding komoditi lain, selain karena Palupuh merupakan salah satu daerah penghasil Buah Pisang terbesar di Agam, Olahan pisang juga cendrung lebih tahan lama.

Diceritakan Oleh Ibuk Yuliana awal mula mengolah pisang keripik dengan berbagai rasa, semua dimulai dengan coba coba, berbagai olahan mulai dari yang pedas, manis, asin dan berbagai bentuk Olahan bentuk seperti Kue Sapik Pisang, Keripik Pisang coklat, Pinyaram Pisang, dan Keripik Pisang Pedas Manis, semuanya diolah dengan modal resep keberanian dan Coba coba.

Alhamdulillah, olahan pisang yang dibuat Ibuk Yuliana memang terasa enak dan gurih, ditambah lagi bingkisan yang sudah menarik dan harga yang terjangkau, saya berkeyakinan berbagai olahan keripik Pisang Ibuk Yuliana akan laku di Pasaran baik Lokal di Agam sampai Sumbar bahkan Nasional, tentu dengan sentuhan penjualan produk yang lebih bagus akan membuat penghasilan sektor UMKM yang dijalani Ibuk Yuliana akan lebih besar dibanding dengan uang puluhan ribu yang didapatnya saat ini, untuk saat ini Ibuk Yuliana mengakui penghasilan rata dari jualan yang dijajakannya dari satu even ke even lainnya adalah sekitar 90-150 Ribu.

Diakhir pembicaraan, Ibuk Yuliana menyampaikan kepada kami akan tekadnya menjadikan Palupuh menjadi Pusat Kuliner Olahan Pisang, bahkan beliau akan dengan senang hati mengajarkan Wanita Wanita usia Produktif untuk belajar bagaimana cara membuat Olahan pisang yang enak dan Gurih.

Inshaa Allah dia juga siap bekerja sama dengan Pemerintahan untuk konsep pengembangan Ekonomi Masyarakat sekitar melalui Kuliner Olahan pisang.

Bagi yang tertarik mencoba atau bekerja sama dengan ibuk Yuliana, bisa menghubungi no dibawah ini, 085272640966