Pemkab Bangka Gelar Upacara HUT PGRI ke 77, HGN Dan HUT Kopri ke 51 Tahun

Pemerintah Kabupaten Bangka mengelar HUT Persatuan Guru Republik Indonesia ke 77, Hari Guru Nasional, dan HUT Kopri ke 51 di halaman Kantor Bupati Bangka. (Red)

Sungailiat, investigasi.news- Pemerintah Kabupaten Bangka mengelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 77, Hari Guru Nasional (HGN), dan HUT Kopri ke 51 di halaman Kantor Bupati Bangka, Senin (28/11/2022).

Bupati Mulkan SH MH bertindak selaku pembina upacara dan R. Achmad Sopiandi S.Pd sebagai pemimpin upacara.

Bupati Mulkan mengatakan guna meningkatkan kesejahteraan para guru honorer, pemerintah Kabupaten Bangka melakukan pendataan untuk diajukan sebagai Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga guru ke pemerintah pusat.

“Dari 234 guru yang kita ajukan, sebanyak 230 orang guru telah memenuhi syarat untuk bisa mengikuti PPPK tenaga guru, dan sebanyak 2 orang tidak bersedia menjadi PPPK dan ada 1 orang yang tidak lolos persyaratan adminstrasi serta 1 orang lagi karena sakit,” jelasnya.

Dengan telah diajukan ke PPPK ini, mereka yang sebelumnya tenaga honorer, ke depan akan berstatus PPPK tenaga guru.

Bupati Mulkan mengakui peran para guru sangat penting dan mulia, dengan memberikan ilmu pengetahuan dan tauladan kepada generasi muda sebagai bekal untuk masa depan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para guru atas sumbangsihnya selama ini. Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, guru juga orang tua kedua, bagi anak di sekolah sehingga selain memberikan ilmu pengetahuan, juga mendidik dan membimbing anak terutama tentang budi pekerti, saling menghormati sesama rekannya dan orang tua serta guru menjadi tauladan bagi para muridnya,” ungkap Mulkan.

Ketua PD PGRI Kabupaten Bangka, Haryadi mengatakan, pihaknya terus mendata untuk merekrut para guru bergabung dalam wadah PGRI.

“Sekarang sekitar 80 persen guru yang ada di Kabupaten Bangka ini tergabung dalam PGRI, kita terus mendata, merekrut dan mensosialisasikan, siapa-siapa yang belum tergabung dalam anggota PGRI Bangka, karena ada juga guru-guru yang baru berstatus ASN, PPPK maupun honorer,” ujar Haryadi.

Haryadi berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bangka akan terus mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan para guru dan mendukung program Kementerian Pendidikan, guru penggerak, yakni tergerak, bergerak dan menggerakan,” jelasnya.

“Mudah-mudah Pemda Bangka dapat menfasilitasi para guru, baik dalam hal kompetensi guru, serta membantu sarana dan prasarana di bidang pendidikan di daerah ini,” tambahnya.

Ia juga berharap Pemda Bangka terus meningkatkan kesejahteraan para guru dengan memberikan tunjangan yang memungkinkan sesuai aturan.

“Perhatikan juga nasib guru-guru honor, dalam pendataan menjadi PPPK tenaga guru, sehingga semua guru honorer nantinya bisa berstatus ASN,” kata Kepala Sekolah SMPN 1 Riau Silip ini.

Usai upacara Bupati Mulkan juga memberikan cindramata kepada 168 pegawai dan guru yang purna bakti dan 5 orang ASN Pemkab Bangka.

Selain itu diserahkan juga penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Bangka tahun 2022, kepada MTS 2 Bangka, UPTD SDN 7 Sungailiat, SDN 25 Puding Besar, SDN 8 Belinyu dan UPDT SMPN 2 Puding Besar. (Red)