Wakil Bupati Hadiri Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia

Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Di Lantai 4 Ruang Tanjung Kelayang Provinsi. ( Mc)

BANGKA, investigasi.news- Wakil Bupati Hadiri Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Di Lantai 4 Ruang Tanjung Kelayang Provinsi Rabu (24/11/2022). 

   Dihadiri oleh PJ Gubernur Yang Diwakili Oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan Eko Kurniawan S.SOS, M.SC, Kepala PLT Perwakilan BI Agus Taufik Ketua DPRD Yang Mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Yang Mewakili Kapolda Babel Yang Mewakili Komandan Resort Militer 045 Garuda Jaya Yang Mewakili
Komandan TNI Angkatan Laut Yang Mewakili Komandan TNI Angkatan Udara Yang Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tinggi Yang Mewakili Kepala Badan Intelijen Negara Imam Santoso Bupati Bangka Tengah Al Ghafri Rahman  Wakil Bupati Bangka Syahbudin S.IP, M.TRIP,
Dan para undangan.

    “Dengan tema sinergi dan inovasi memperkuat ketahanan dan kebangkitan menuju indonesia maju”

   “Dinamika perekonomian nasional tahun 2022 terus meningkat meski disertai dengan tantangan global yang semakin kompleks,”Kata Agus Taufik.

   Demikian pula dengan pemulihan ekonomi Bangka Belitung masih berlanjut pada triwulan III tahun 2002, ekonomi Bangka Belitung tumbuh positif sebesar 4,51% meski sedikit melamban dibandingkan bulan sebelumnya.

  “Disisi pengeluaran pertumbuhan konsumsi rumah tangga investasi konsumsi pemerintah masih dijadikan sisi pendorong oleh perekonomian Bangka Belitung pada triwulan III tahun 2022,”Ucap Dia.

  Sementara itu dari sisi lapangan usaha sektoril pengolahan dan perdagangan positif seiring mobilitas masyarakat yang terus meningkat dengan adanya berbagai penyelenggara event salah satunya seperti diadakan G20 pada september 2022 yang lalu.

  “Pada tahun 2022 tekanan inflasi cenderung meningkat yang dipengaruhi oleh gangguan pasokan global terutama di sektoral ketahanan dan pangan,”Jelasnya.

   Hal ini terjadi hampir di penjuru  dunia termasuk di indonesia dan pada oktober tahun 2022 yang lalu inflasi bangka belitung relatif terjaga 6,23% meski demikian kita harus waspada terhadap sumber-sumber tekanan inflasi kedepan.

   “Dengan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi bangka belitung mampu mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,05% tahun 2021,”Tambah Staf Ahli Bidang Ekonomi Eko Kurniawan.

   Perbaikan kondisi ekonomi ini
merupakan buah dari berbagai ucapan pemerintah yang dilakukan secara intensif.

   “Dalam upaya menganani covid dan pemulihan ekonomi nasional interpensi pemerintah dalam elemen kesehatan telah mendorong kepercayaan yang kemudian meningkatkan aktivitas masyarakat,”Lanjutnya.

    Program vaksinasi terus diupayakan oleh pemerintah sehingga pertanggal 28 november 2022 realisasi vaksin covid dosis II itu telah mencapai 75,69% dilihat secara peringkat ke 9 di indonesia.

   “Kemudian dosis III mencapai 26,69% ini adalah mencapai peringkat ke 11 yang ada di indonesia,”kata Dia.

    Pandemi belum tentu berakhir dan kita tidak boleh lengah menangani covid-19 harus semakin baik antara lain memiliki perluasan program vaksinasi seluruh pelosok daerah ataupun penerapan protokol kesehatan.

    “Sehingga diharapkan ekonomi dapat terus tumbuh masa-masa sulit dampak pandemi telah kita lalui bersama proses pemulihan ekonomi sedang terjadi terlihat dari aktivitas masyarakat bangka belitung yang semakin meningkat,”Tuturnya.