Buka Pesantren Lansia, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Ajak Rubah Paradigma Terhadap Orang Tua

Dharmasraya, Investigasi.news – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan membuka secara langsung Pesantren Lansia yang diinisiasi Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKLU) di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Anugerah Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, pada Selasa, (18/04).

Pada kesempatan tersebut, Sutan Riska menyampaikan bahwasannya, walaupun tidak lagi dalam usia produktif, warga lanjut usia (Lansia) diyakini masih dapat memberikan kontribusi positif di tengah-tengah masyarakat”, ucapnya.

Kemudian dikatakan juga adapun hal yang perlu dilakukan pihak terkait adalah menyalurkan semua potensi para Lansia tersebut sesuai dengan karakteristik masing-masing”, jelas Bupati Dharmasraya.

“Para Lansia tidak boleh disisihkan dalam pergaulan masyarakat. Sebab banyak ilmu dan pengalaman Lansia masih relevan diserap dan diterapkan dalam kondisi saat ini”, kata Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) tersebut.

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi LKLU Kabupaten Dharmasraya dan TBM Anugerah atas inisiasi acara Pesantren Lansia ini. Ini adalah salah satu kiat yang tepat untuk memberdayakan para Lansia kita untuk tetap potensial”, tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pesantren Lansia tidak saja untuk mengisi waktu luang, akan tetapi juga mengoptimalkan kembali kemampuan untuk mengasah otak agar faktor kepikunan yang sering dialami dapat diminimalisir.

“Melalui pesantren lansia ini mari kita ubah paradigma bahwa Lansia tidak lagi mempunyai potensi untuk dikembangkan dan tidak bergayaguna”, ajak Sutan Riska.

Sejalan dengan perkembangan, kata Sutan Riska, masalah dan kebutuhan Lansia dipandang perlu adanya upaya yang dapat memberikan pelayanan untuk mewujudkan dan memelihara taraf kesejahteraan sosialnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya ke depan akan memberikan pertahatian khusus melalui kebijakan yang berpihak kepada Lansia.

Bentuk kepedulian Bupati Sutan Riska terhadap lansia terlihat saat bupati tersebut menyerahkan sejumlah bingkisan sebagai tali asih dengan para Lansia pada momentum bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah ini.

“Semoga para orang tua kami, para Lansia yang kami cintai, senantiasa sehat, kuat beribadah, tetap berdayaguna, serta dapat menikmati hari tua dengan penuh kebahagiaan”, tutup Sutan Riska. Arp