Lestarikan Adat Seni dan Budaya Nagari, Rang Sikabau Baralek Gadang Hingga Undang Bupati

More articles

spot_img

Dharmasraya, Investigasi.news – Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, menggelar Alek Godang Nagari Sikabau selama tiga hari mulai tanggal 24-26 Mei 2022 yang dilaksanakan di berbagai lokasi di Nagari Sikabau. Alek tersebut sebagai bentu pelestarian adat seni dan budaya.

Pada acara yang berlangsung tak lupa mengundang Bupati Dharmasraya, pimpinan DPRD, Kadis Budparpora H. ST M Taufik, SE, MM, Kadis Kumperdag Nofriadi Roni Puska, ST. MT (beserta jajaran) kadis Pertanian Darisman,S. Si. MM, walinagari se kecamatan Pulau Punjung, Koperasi Usaho Bundo Tebing Tinggi, koperasi Datuk Nan 9 Gunung Medan, koperasi sawit koto padang, Danramil 03 Pulau Punjung, Polsek Pulau Punjung, Manager PT. Andalas Wahana Berjaya (AWB) Murali beserta undangan lainya.

Disampaikan Abdul Razak walinagari Sikabau sebagai Ketua Panitia kepada Topsumbar, rangkaian acara alek Nagari ini dimulai selasa (24/5) jam 13.00 wib acaranya bakaghu (mando’a) yang diikuti oleh seluruh masyarakat mulai dari unsur niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama dan bundo kanduang dan undangan.

Kemudian pada rabu pagi (25/5) dilanjutkan dengan pemotongan kerbau yang diikuti dengan penampilan kesenian randai oleh siswa SDN 25 Pulau Punjung. Malamnya dilanjutkan dengan hiburan saluang dangdut.

Sementara pada kamis pagi (26/5) penampilan seni Jaran Kepang (kudo kepang) dan siangnya setelah shalat Zuhur dilanjutkan dengan acara peresmian Koperasi Sawit Pusako Niniak Mamak (KS-PNM) Nagari Sikabau yang secara agenda oleh Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE. Kemudian malamnya dilanjutkan dengan hiburan KIM.

Razak juga mengatakan”Alek Nagari ini dalam kerangka melestarikan tradisi dan mengenalkannya kepada generasi muda Sikabau khususnya agar nilai nilai seni dan budaya yang sudah ada ini tidak hilang begitu saja, ucapan terimakasih kepada semua panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan sesuatunya dan semua pihak yang ikut mendukung terlaksananya acara besar alek kita ini” pungkasnya. Mc/Arp

spot_img

Latest

spot_img