MTQ XI Kabupaten Dharmasraya Resmi Ditutup

Dharmasraya- Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-IX tingkat Kabupaten Dharmasraya di Kecamatan Padang Laweh, secara resmi ditutup Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diwakili Sekretaris Daerah, Adlisman, di Lapangan Sepakbola SP 5, Nagari Sopan Jaya, Sabtu siang (19/11/2022).

Gelaran yang telah berlangsung sejak Kamis (17/11/2022) itu menuai sukses, ditandai dengan tingginya antusiasme masyarakat Dharmasraya untuk menyaksikan semua penampilan kafilah yang berlangsung di 14 venue itu. 58 kategori dari 10 cabang lomba berlangsung aman tertib dan lancar.

Selain itu, ekonomi masyarakat setempat turut bergerak, terutama di sektor UMKM. Transaksi jual beli pedagang makanan meningkat dan ikut merasakan berkah helat dua tahunan ini.

Keluar sebagai juara umum MTQ ke 11 ini Kecamatan Pulau Punjung, disusul Kecamatan Koto Salak di posisi kedua, Kecamatan Sitiung di posisi ke tiga, kemudian tuan rumah Kecamatan Padang Laweh di posisi ke empat dan Kecamatan Koto Baru di posisi ke lima.

Dalam amanat tertulis Bupati Sutan Riska, yang dibacakan Sekda Adlisman, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya MTQ di Kecamatan Padang Laweh dengan tertib aman dan lancar.

Menurutnya kegiatan MTQ yang telah dilaksanakan merupakan wadah dalam memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Al-qur’an.

Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) itu berharap setelah terselenggaranya MTQ ke-XI kali ini dapat jadikan penambahan wawasan bagi peserta dan masyarakat untuk penghayatan dan cinta terhadap ayat suci Al-qur’an.

Katanya, diperlukan perhatian penuh serta keterlibatan secara sungguh-sungguh dari lapisan masyarakat agar ke depan pelaksanaan MTQ dapat memberi pengaruh yang signifikan untuk perkembangan hidup masyarakat.

“Kepada seluruh peserta dari berbagai cabang yang meraih juara, saya mengucapkan selamat, dan mudah-mudahan prestasi yang diraih dapat dipertahankan. Saya minta seluruh pihak mulai melakukan persiapan untuk MTQ Provinsi tahun 2023 agar kita dapat mengukir prestasi terbaik nantinya,” beber bupati dua periode itu.

Seterusnya, atas sukses penyelenggaraan MTQ ini, Sekda juga menyampaikan pujian kepada Camat, Walinagari, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai, Bundo Kanduang, Pemuda dan seluruh masyarakat Padang Laweh.

Menurut Sekda, sukses penyelenggaraan MTQ di Padang Laweh harus dapat menjadi acuan pada penyelenggaraan MTQ berikutnya.

“Sesuai dengan arahan pak Bupati, bahwa penyelenggaraan MTQ berikutnya di Kecamatan Sungai Rumbai harus lebih sukses daripada di Padang Laweh. Maka kami harapkan agar dipersiapkan dengan lebih baik lagi”, tukas Sekda. ( Mc/Ar)