Padang Laweh Siap Selenggarakan MTQ Nasional XI Kabupaten Dharmasraya

Dharmasraya, investigasi.news-Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya yang akan dilangsungkan di Kecamatan Laweh tinggal menghitung hari. Ketua Panitia Pelaksana, Camat Padang Laweh, Berlian Oemar, mengatakan, persiapan sudah hampir 100 persen dan siap melaksanakan upacara pembukaan yang akan dilaksanakan hari Kamis (17/11/2022) yang akan datang.

“Alhamdulillah, persiapan hampir rampung, dan kami siap menggelar dan menerima tamu MTQ di Kecamatan Padang Laweh”, terang Berlian, ketika dihubungi, Senin (14/11/2022).

Dikatakannya, semua persiapan teknis sudah dimatangkan, terutama pada acara pembukaan yang akan dipusatkan di Lapangan Sopan Jaya.

“Roundown acara, protokoler, tamu undangan, atraksi dan dan semua hal mengenai pembukaan sudah kita matangkan”, lanjut Berlian.

Sedangkan untuk pelaksanaan, pihaknya sudah mempersiapkan 14 venue untuk 10 cabang lomba yang tersebar di seluruh nagari yang ada.

“14 venue itu terdiri dari mesjid, mushalla dan sekolah. Semuanya sudah kita percantik agar pelaksanaan perlombaan semakin menarik dan meriah”, kata Berlian.

Sedangkan untuk pemondokan, dirinya mengaku sudah mempersiapkan 28 lokasi yang terdiri dari rumah warga dan mes perusahaan perkebunan yang beroperasi di Padang Laweh.

“Pemondokan untuk kafilah kecamatan, panitia kabupaten maupun dewan hakim, sengaja kami pilihkan yang representatif agar semuanya nyaman selama berada di Padang Laweh”, ungkapnya.

Berlian menerangkan, ditunjuknya Padang Laweh sebagai tuan rumah MTQ Kabupaten Dharmasraya disambut antusias masyarakat setempat. Hal tersebut terbukti dari dukungan moril dan materil yang diberikan selama masa-masa persiapan.

“Tentu selain dukungan Bapak Bupati, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Pemkab Dharmasraya, kami juga mendapat dukungan seluruh komponen masyarakat Padang Laweh, mulai dari ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai, bundo kanduang, pemuda, dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya”, terang Berlian.

Selain itu ia juga mengapresiasi seluruh badan usaha yang bergerak di Padang Laweh maupun perorangan, atas sumbangan materil yang tidak mengikat dalam rangka memperlancar pelaksanaan MTQ ini.

Selain itu, atas pelaksanaan MTQ di Padang Laweh, selaku camat setempat, Berlian menghimbau warga untuk menunjukkan sikap yang ramah dan terbuka terhadap tamu yang akan berkunjung, serta selalu berbusana muslim dan muslimah.

“Bahwa Padang Laweh pada masanya merupakan pusat pengembangan Islam se aliran Batanghari Dharmasraya, tentu kita ingin meninggalkan kesan baik bagi tamu kita yang akan berkunjung ke Padang Laweh nantinya”, harap Berlian.

Dengan semua kesiapan yang ada, Berlian berharap MTQ XI Kabupaten Dharmasraya di Padang Laweh, dapat meraih tri sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses syiar Islam.

MTQ Nasional ke XI Kabupaten Dharmasraya, rencananya akan dibuka Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerjaan, serta turut dihadiri Kapolda Sumbar, Irjen (Pol) Suharyono, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumbar, serta bupati kabupaten tetangga, Sumbar, Riau dan Jambi.

Selain menggelar 10 cabang lomba, MTQ kali ini juga akan mengadakan Bazar Sembako murah, Pameran UMKM, donor darah dan sunatan masal.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerjaan, menghimbau ASN dan seluruh masyarakat untuk turut meramaikan semua venue selama kegiatan berlangsung. Mc