Sutan Riska Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022

DHARMASRAYA, investigasi.news – Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, kukuhkan 73 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2022, di halaman Kantor bupati setempat, Senin, (15/08/22).

Paskibraka yang dikukuhkan akan bertugas pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sebagai mengawal dan mengibarkan duplikat bendera pusaka, Sang Saka Merah Putih, 17 Agustus 2022 yang akan datang.

Pengukuhan turut dihadiri Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Sekda, Adlisman, Asisten, Staf Ahli, Forkopimda, Kepala OPD, Kabag, orang tua peserta dan masyarakat setempat. Acara pengukuhan tersebut berjalan lancar dan khidmat.

Paskibraka Dharmasraya tahun ini terdiri dari dari 38 orang putri dan 35 orang putra yang berasal dari se-Kecamatan Kabupaten Dharmasraya. Perekrutan untuk menjadi anggota Paskibraka dilakukan secara acak di SMA se-Kabupaten Dharmasraya. Setelah pemilihan, dilakukan karantina atau diklat sejak tanggal 1 Agustus lalu. Setelah itu, seluruh anggota Paskibraka terpilih diinapkan di SKB.

Sedangkan pelatih Paskibraka Dharmasraya terdiri dari 2 orang anggota TNI, 2 orang anggota Polri, PPI Dharmasraya, dan panitia lain yang terlibat dalam pelaksanaan pelatihan anggota Paskibraka yang akan bertugas pada Hari Kemerdekaan RI.

Bupati Dharmasraya menyampaikan selamat kepada putra-putri yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Dharmasraya Tahun 2022. Menurutnya, putra-putri terpilih tersebut memiliki keistimewaan, bukan hanya sebagai pasukan pengibar bendera, akan tetapi mampu menunjukkan keteladanan sebagai pelajar berjiwa nasionalisme tinggi.

“Selamat, tugas kalian bukan hanya sebagai Paskibraka pada upacara HUT Kemerdekaan RI saja. Tetapi harus mampu menjadi pelajar berprestasi, teladan, disiplin serta memiliki jiwa nasionalisme tinggi,” harap Bupati.

Bupati juga berharap agar Paskibraka Dharmasraya yang terpilih mampu memberi pengaruh positif, baik di lingkungan sekolah, tempat tinggal maupun di tengah lingkungan masyarakat.(Mc/Arp)