UKK Imigrasi Dharmasraya Akan Dibentuk, Bupati: Nanti Urus Paspor Tak Perlu ke Luar Daerah

Dharmasraya, investigasi news – Pemkab Dharmasraya akan menjalin kerjasama dengan Kantor Imigrasi Padang untuk membuka Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2022.

Kehadiran Kantor Imigrasi Kabupaten Dharmasraya nantinya akan mempermudah masyarakat setempat dan sekitarnya dalam hal mengurus dokumen keimigrasian seperti permohonan paspor baru, penggantian selain hilang dan rusak, dan lainnya.

“Mudah-mudahan rencana kerjasama ini dapat terealisasi secepatnya, kalau kantor imigrasi sudah ada di daerah kita masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Kantor di Padang maupun Kabupaten Agam mengurus dokumen keimigrasian,” kata Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan ketika dihubungi beberapa waktu yang lalu

Dijelaskan, rencana kerjasama pembentukan UKK Imigrasi di daerah ini akan mendapat mendapat dukungan penuh dari Pemkab Dharmasraya.

Disebutkannya pembentukan UKK tersebut tergantung bagaimana kesiapan Pemkab dalam menyediakan kantor, sarana dan prasarana, serta hal lainnya, bebernya.

“Karena bagaimanapun rencana ini tergantung kita sepakat mendukung penuh rencana tersebut, termasuk dalam dukungan anggaran yang diperlukan,” tegasnya.

Menurut dia kehadiran UKK Imigrasi Kabupaten Dharmasraya tidak hanya mempermudah masyarakat setempat, melainkan beberapa warga di wilayah Kabupaten Sijunjung juga akan mendapatkan kemudahan karena secara geografis daerah tersebut bertetangga.

Ia mengatakan pengurusan dokumen keimigrasian cukup diminati warga setempat, hal ini terlihat saat Pemkab Dharmasraya bekerjasama dengan Imigrasi Padang dalam membuka layanan jemput bola bagi warga yang hendak mengurus paspor berapa waktu lalu.

“Berapa waktu lalu Imigrasi Padang membuka layanan jemput bola di Kabupaten Dharmasraya selama satu hari, disana terlihat minat masyarakat cukup tinggi. Jadi, ini sekaligus yang kita followup,” ungkapnya.

Sutan Riska berharap keberadaan Kantor UKK Imigrasi Dharmasraya nantinya menjadi fasilitas pelayanan publik yang mudah, murah, cepat, dan berbanding lurus dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

“Kita ingin segala urusan pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan publik harus dibuat semudah dan sedekat mungkin, hadirnya kantor Imigrasi di Dharmasraya diharapkan menjadi jawaban terhadap kendala yang dihadapi masyarakat untuk mengurus dokumen keimigrasian,” tukasnya. Mc/Arp